Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kinerja Pegawai terhadap Kepuasan Masyarakat dalam Program PATEN (Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan) di Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas

FAUZI, Ariszal (2024) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kinerja Pegawai terhadap Kepuasan Masyarakat dalam Program PATEN (Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan) di Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Ariszal Fauzi-F1B017108-Skripsi-2024.pdf

Download (76kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Ariszal Fauzi-F1B017108-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Ariszal Fauzi-F1B017108-Skripsi-2024.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Ariszal Fauzi-F1B017108-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 May 2025.

Download (310kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Ariszal Fauzi-F1B017108-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 May 2025.

Download (368kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Ariszal Fauzi-F1B017108-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 May 2025.

Download (232kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Ariszal Fauzi-F1B017108-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Ariszal Fauzi-F1B017108-Skripsi-2024.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Ariszal Fauzi-F1B017108-Skripsi-2024.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Ariszal Fauzi-F1B017108-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kinerja Pegawai terhadap Kepuasan Masyarakat dalam Program PATEN (Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan) di Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas. Penelitian ini dilatarbelakangi pelayanan PATEN (Pelayanan Adminstrasi Terpadu Kecamatan) di Kecamatan Kembaran belum mencapai tingkat optimal dalam memberikan pelayanan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Hal ini dapat dilihat dari tingkat ketidakpuasan yang dirasakan oleh masyarakat terhadap pelayanan yang meraka terima. Pentingnya peran kualitas pelayanan dan kinerja pegawai dalam pelayanan PATEN sangat signifikan dalam menciptakan kepuasan masyarakat. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi pengaruh kualitas pelayanan dan kinerja pegawai terhadap kepuasan masyarakat. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif asosiatif dengan variabel kualitas pelayanan (X1) dan kinerja pegawai (X2) dan kepuasan masyarakat (Y), pengambilan sampel yang dilakukan dengan menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah 100 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji asumsi klasik (uji normalitas dan uji heteroskedastisitas), dan Regersi Linear Berganda. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan dan kinerja pegawai terhadap kepuasan masyarakat dalam program PATEN (Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan) di Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. Berdasarkan hasil perhitungan Regersi Linear Berganda variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat dengan nilai thitung (2,218) > ttabel (1,664), maka H1 diterima. Hasil perhitungan Regersi Linear Berganda variabel kinerja pegawai berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat dengan nilai thitung 9,084 > ttabel 1,664, maka H2 diterima. Hasil perhitungan Regersi Linear Berganda antara kualitas pelayanan dan kinerja pegawai terhadap kepuasan masyarakat menunjukkan bahwa nilai Fhitung 229,798 > nilai ftabel 3,091 dengan arah yang positif, maka H3 diterima. Hasil perhitungan Regersi Linear Berganda secara keseluruhan variabel independen yaitu kualitas pelayanan dan kinerja pegawai berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen yaitu kepuasan masyarakat. Hasil uji regresi linear berganda menunjukkan bahwa nilai R square sebesar 82,6% yang berarti kualitas pelayanan dan kinerja pegawai berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat sebesar 82,6%. Sedangkan sisanya 17,4% dipengaruhi oleh variable lain. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa kualitas pelayanan dan kinerja pegawai mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat dalam program PATEN (Pelayanan Adminsitrasi Terpadu Kecamatan) di Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F24237
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan, kinerja pegawai, kepuasan masyarakat
Subjects: C > C1020 Customer services
P > P142 Performance
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mr Ariszal Fauzi
Date Deposited: 22 May 2024 01:02
Last Modified: 22 May 2024 01:02
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/27288

Actions (login required)

View Item View Item