BAITI, Putri Nur (2024) Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka dan Kompetensi Guru Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Peserta Didik Kelas X MAN 1 Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Putri Nur Baiti-C1L020046-Skirpsi-2024.pdf Download (212kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Putri Nur Baiti-C1L020046-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Putri Nur Baiti-C1L020046-Skripsi-2024.pdf Download (278kB) |
|
PDF (BabI)
BAB 1-Putri Nur Baiti-C1L020046-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 10 June 2025. Download (878kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Putri Nur Baiti-C1L020046-Skripsi-2024.pdf Restricted to Registered users only until 10 June 2025. Download (1MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Putri Nur Baiti-C1L020046-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 10 June 2025. Download (1MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Putri Nur Baiti-C1L020046-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Putri Nur Baiti-C1L020046-Skripsi-2024.pdf Download (325kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Putri Nur Baiti-C1L020046-Skripsi-2024.pdf Download (505kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Putri Nur Baiti-C1L020046-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode survei pada siswa kelas X MAN 1 Banyumas. Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh implementasi kurikulum merdeka terhadap motivasi belajar mata pelajaran ekonomi pada peserta didik kelas X MAN 1 Banyumas (2) pengaruh kompetensi guru terhadap motivasi belajar mata pelajaran ekonomi pada peserta didik kelas X MAN 1 Banyumas. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MAN 1 Banyumas. Sampel yang diambil pada penelitian sebanyak 85 siswa. Metode yang digunakan untuk mengambil sampel penelitian yaitu Simple Random Sampling. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menggunakan SPSS (Statistical Program for Social Science) menunjukan bahwa (1) Implementasi kurikulum merdeka berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa, (2) Kompetensi guru berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa, (3) Implementasi kurikulum merdeka dan kompetensi guru secara bersamaan berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini yaitu Pengimplementasian kurikulum merdeka masih dikategorikan sedang, maka perlu ditingkatkan kembali dalam impelementasi kurikulum merdeka terutama pada pemberian pre tes sebelum guru menjelaskan materi pembelajaran agar guru mengetahui kesiapan peserta didik saat memulai pembelajaran. Pada kompetensi guru yang mendapatkan skor terendah yaitu kompetensi kepribadian sehingga perlu ditingkatkan kembali karena kompetensi kepribadian mampu meningkatkan motivasi belajar siswa .Untuk mendapatkan pencapaian tujuan maka siswa harus lebih meningkatkan motivasi belajar seperti aktif dalam proses pembelajaran, berusaha semaksimal mungkin dalam meraih nilai yang memuaskan, tidak menunda-nunda waktu belajar, dan tidak putus asa saat mengerjakan soal yang sulit.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C24275 |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Kurikulum Merdeka, Kompetensi Guru, Motivasi Belajar |
Subjects: | E > E69 Education M > M567 Motivation Psychology |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs. Putri Nur Baiti |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 07:23 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 07:23 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/27487 |
Actions (login required)
View Item |