Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Explorative Study on The English Reading Comprehension Teaching Strategies Used by The English Teacher of Grade IX-G in SMP Negeri 8 Purwokerto

MAR'AH, Tazkiyatul Mar'ah (2024) Explorative Study on The English Reading Comprehension Teaching Strategies Used by The English Teacher of Grade IX-G in SMP Negeri 8 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Tazkiyatul Mar'ah-J1E019003-Skripsi-2024.pdf

Download (115kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Tazkiyatul Mar'ah-J1E019003-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Tazkiyatul Mar'ah-J1E019003-Skripsi-2024.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Tazkiyatul Mar'ah-J1E019003-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 June 2025.

Download (132kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Tazkiyatul Mar'ah-J1E019003-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 June 2025.

Download (157kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Tazkiyatul Mar'ah-J1E019003-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 June 2025.

Download (194kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Tazkiyatul Mar'ah-J1E019003-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Tazkiyatul Mar'ah-J1E019003-Skripsi-2024.pdf

Download (125kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Tazkiyatul Mar'ah-J1E019003-Skripsi-2024.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Tazkiyatul Mar'ah-J1E019003-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi pengajaran pemahaman membaca Bahasa Inggris yang digunakan di SMP Negeri 8 Purwokerto. Strategi dalam pengajaran membaca ini sangat diperlukan bagi siswa dan merupakan hal sangat penting yang berkaitan dengan perencanaan jangka panjang, maksud, dan gagasan yang telah disusun untuk mencapai tujuan tertentu. Penelitian ini berfokus pada strategi pengajaran pemahaman membaca Bahasa Inggris yang digunakan oleh guru dan bagaimana cara guru menerapkan strategi pengajaran pemahaman membaca Bahasa Inggris tersebut. Peneliti merumuskan rumusan masalah sebagai berikut: Pertama, apa saja strategi pengajaran pemahaman membaca yang digunakan oleh guru dalam mengajar bahasa Inggris kepada siswa di kelas 9 SMP Negeri 8 Purwokerto? Kedua, bagaimana guru menerapkan strategi pengajaran pemahaman membaca bahasa Inggris tersebut kepada siswa di Kelas 9 SMP Negeri 8 Purwokerto? Peneliti menggunakan studi eksploratif untuk memperoleh hasil penelitian. Pada penelitian ini, peneliti melaksanakan observasi, dokumentasi dan wawancara untuk mengumpulkan data. Objek penelitian ini yaitu satu guru Bahasa Inggris dan satu kelas 9G yang berjumlah 36 siswa. Adapun tujuan penelitian, peneliti merumuskan tujuan penelitian: Pertama, untuk mengetahui strategi pengajaran pemahaman membaca Bahasa Inggris yang digunakan oleh guru kepada siswa di kelas 9G SMP Negeri 8 Purwokerto. Kedua, untuk mengetahui bagaimana guru menerapkan strategi pengajaran pemahaman membaca Bahasa Inggris tersebut kepada siswa di Kelas 9 SMP Negeri 8 Purwokerto. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru menerapkan lima strategi pengajaran pemahaman membaca dalam Bahasa Inggris untuk kelas 9G SMP Negeri 8 Purwokerto, diantaranya yaitu strategi BKOF dan Join Construction, Reading Aloud, Reading in Detail, Drilling dan Correcting Reading. Kelima strategi pengajaran pemahaman membaca Bahasa Inggris tersebut mempunyai cara tersendiri yang diterapkan oleh guru ketika mengajarkan siswa membaca di kelas. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan agar penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk melakukan penelitian lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J24146
Uncontrolled Keywords: English, reading, reading comprehension, teaching strategies
Subjects: E > E312 English language Study and teaching
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mrs. Tazkiyatul Mar'ah
Date Deposited: 14 Jun 2024 04:04
Last Modified: 14 Jun 2024 04:04
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/27519

Actions (login required)

View Item View Item