NURAJI, Maulana (2024) Penilaian Kecerdasan Sosial (Social Intelligence) Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Baturraden. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-MAULANA NURAJI-I1E020002-SKRIPSI2024.pdf Download (43kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-MAULANA NURAJI-I1E020002-SKRIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-MAULANA NURAJI-I1E020002-SKRIPSI-2024.pdf Download (50kB) |
|
PDF (BABI)
BAB I-MAULANA NURAJI-I1E020002-SKRIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-MAULANA NURAJI-I1E020002-SKRIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 10 July 2025. Download (242kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-MAULANA NURAJI-I1E020002-SKRIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 10 July 2025. Download (364kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-MAULANA NURAJI-I1E020002-SKRIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (411kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-MAULANA NURAJI-I1E020002-SKRIPSI-2024.pdf Download (47kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-MAULANA NURAJI-I1E020002-SKRIPSI-2024.pdf Download (275kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-MAULANA NURAJI-I1E020002-SKRIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Latar Belakang: Kecerdasan sosial merupakan kemampuan yang sering digunakan, guna mempertajam kemampuan antar individu dan unsur-unsur pembentuk daya tarik, keberhasilan sosial maupun karisma. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat kecerdasan sosial peserta didik SMA Negeri 1 Baturraden. Metodologi: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, variabel penelitian ini menggunakan variabel tunggal. Penelitian ini tidak mencantumkan hipotesis, karena tidak semua penelitian memerlukan perumusan hipotesis. Penelitian yang bersifat eksploratif dan deskriptif sering kali tidak menyertakan hipotesis. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Baturraden menggunakan teknik total sampling dari 10% jumlah keseluruhan peserta didik. Teknik pengambilan data dilakukan menggunakan kuesioner dengan skala likert. Hasil: Sebanyak 92 peserta didik (86%) menunjukkan kesadaran situasional yang sangat baik, sementara 15 peserta didik (14%) berada dalam kategori baik. Untuk indikator kemampuan membawa diri, 81 peserta didik (76%) termasuk dalam kategori sangat baik, 24 peserta didik (22%) dalam kategori baik, dan 2 peserta didik (2%) dalam kategori cukup. Pada indikator autentitas, 75 peserta didik (70%) memiliki kemampuan autentitas yang sangat baik, 29 peserta didik (27%) dalam kategori baik, dan 3 peserta didik (3%) dalam kategori cukup. Untuk indikator clarity, 62 peserta didik (58%) menunjukkan kemampuan clarity yang sangat baik, 42 peserta didik (39%) dalam kategori baik, dan 3 peserta didik (3%) dalam kategori cukup. Terakhir, pada indikator empati, 71 peserta didik (66%) memiliki kemampuan empati yang sangat baik, 32 peserta didik (30%) dalam kategori baik, dan 4 peserta didik (4%) dalam kategori cukup. Kesimpulan: Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa tingkat kecerdasan sosial siswa SMA Negeri 1 Baturraden sangat baik. Rata-rata skor yang diperoleh peserta didik adalah 133 dengan persentase frekuensi 83,21%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | I24214 |
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan, Peserta didik, Sosial |
Subjects: | I > I198 Intelligence tests |
Divisions: | Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Pendidikan Jasmani |
Depositing User: | Mr Maulana Nuraji |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 03:04 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 03:04 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/27773 |
Actions (login required)
View Item |