Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Resepsi Mahasantri IAI Tazkia Bogor Tentang Iklan Seksisme Instagram @Rabbaniprofesorkerudung

QONITA, Qonita (2024) Analisis Resepsi Mahasantri IAI Tazkia Bogor Tentang Iklan Seksisme Instagram @Rabbaniprofesorkerudung. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
1-COVER QONITA F2C020017 TESIS 2024.pdf

Download (757kB)
[img] PDF (Legalitas)
2-LEGALITAS QONITA F2C020017 TESIS 2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
3-ABSTRAK QONITA F2C020017 TESIS 2024.pdf

Download (611kB)
[img] PDF (BabI)
4-BAB I QONITA F2C020017 TESIS 2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
5-BAB II QONITA F2C020017 TESIS 2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (914kB)
[img] PDF (BabIII)
6-BAB III QONITA F2C020017 TESIS 2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)
[img] PDF (BabIV)
7-BAB IV QONITA F2C020017 TESIS 2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (BabV)
8-BAB V QONITA F2C020017 TESIS 2024 1.pdf

Download (611kB)
[img] PDF (Daftarpustaka)
9-DAFTAR PUSTAKA QONITA F2C020017 TESIS 2024.pdf

Download (627kB)
[img] PDF (Lampiran)
10-LAMPIRAN QONITA F2C020017 TESIS 2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Semakin masifnya periklanan di media sosial, menjadikan isu seksisme kerap muncul dalam pemasaran produk pelaku usaha bisnis era ini, salah satunya merek Rabbani. Iklan instagram @rabbaniprofessorkerudung tentang isu pelecehan seksual menuai kontroversi dari warganet sebab dianggap menyalahkan perempuan sebagai korban pelecehan seksual. Adapun mahasantri yang mengenal baik brand Rabbani juga telah terpapar iklan ini. Teori yang digunakan adalah teori resepsi, encoding dan decoding oleh Stuart Hall untuk mencari pemaknaan dan penerimaan sepuluh mahasantri serta teori penilaian sosial Sherif dalam melihat perubahan sikap informan. Dari lima scene yang menjadi unit analisis akhirnya memunculkan lima pemaknaan beragam dari mahasantri IAI Tazkia dan terbagi menjadi tiga posisi penerimaan. Posisi dominan ditempati oleh lima informan laki-laki, posisi negosiasi diisi oleh lima laki-laki dan empat perempuan, dan posisi oposisi ditempati oleh lima perempuan dan empat laki-laki. Hasil dari pemaknaan dan penerimaan tersebut dilatarbelakangi oleh beberapa faktor-faktor yang memengaruhinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P224140
Uncontrolled Keywords: Seksisme, iklan, mahasantri, pelecehan seksual, kerudung Rabbani
Subjects: A > A74 Advertising
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs QONITA QONITA
Date Deposited: 15 Jul 2024 01:15
Last Modified: 15 Jul 2024 01:15
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/27805

Actions (login required)

View Item View Item