RAHARJO, Matheus Ridho (2024) Analisis Perbedaan Gaya Mengajar Komando & Gaya Mengajar Latihan terhadap Materi Dasar Bola Basket di SMA N 1 Ajibarang. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Matheus Ridho-I1E020015-Skripsi-2024.pdf Download (80kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Matheus Ridho-I1E020015-Skripsi-2024.pdf Download (91kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Matheus Ridho-I1E020015-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Matheus Ridho- I1E020015-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 25 July 2025. Download (259kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Matheus Ridho- I1E020015-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 25 July 2025. Download (438kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Matheus Ridho- I1E020015-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 25 July 2025. Download (299kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Matheus Ridho- I1E020015-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Matheus Ridho- I1E020015-Skripsi-2024.pdf Download (225kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Matheus Ridho- I1E020015-Skripsi-2024.pdf Download (213kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Matheus Ridho- I1E020015-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Latar Belakang: Berdasarkan pengamatan awal peneliti pada saat melakukan praktek mengajar di SMA N 1 Ajibarang menemukan kekurangan siswa dalam memahami materi dasar terutama pada materi bola basket maka dari itu peneliti ingin meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap matapelajaran PJOK dengan menggunakan teknik atau gaya mengajar yang berbeda yaitu gaya mengajar komando dan gaya mengajar latihan terhadap hasil belajar siswa Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitaif dengan desain penelitian yang digunakan yaitu Two Group Pretest-Posttest dalam bentuk PreExperimental Design. Metode eksperimen adalah suatu cara untuk mencari hubungan sebab akibat (hubungan klausal) antara dua faktor yang sengaja ditimbulkan oleh peneliti dengan mengeliminasi atau mengurangi atau menyisihkan faktor-faktor lain yang mengganggu Dalam penelitian ini sampel digunakan cluster random sampling sebagai teknik pengambilan sampel, karena populasinya cukup besar, sehingga teknik pengambilan sampel dengan metode cluster random sampling tidak dipilih dari individu, melainkan dari kelompok atau wilayah, yang kemudian disebut dengan cluster, sehingga teknik pengambilan sampel yang digunakan dipilih secara acak dengan di spin dan kelas yang digunakan untuk mengambil sampel dari 10 kelas di kelas XI 1 dan XI 2 di SMA N 1 Ajibarang. Hasil: Hasil pretest menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa yang diajar dengan gaya mengajar komando adalah 65,41, sedangkan siswa yang diajar dengan gaya latihan memiliki rata-rata nilai 67,08. Berdasarkan proses dan hasil pembelajaran siswa setelah dilakukan 4 kali pertemuan, maka terdapat peningkatan yaitu nilai rata-rata pada kelompok gaya mengajar komando sebesar 80,97 dan pada kelompok gaya mengajar latihan sebesar 85,83 dengan nilai terendah 65 pada gaya mengajar komando, dan 70 pada gaya mengajar latihan Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat dari temuan perhitungan pretest dan postest hasil belajar peserta didik pada kelompok gaya mengajar latihan memberikan peningkatan terhadap hasil belajar peserta didik yang lebih baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa gaya mengajar latihan memiliki pengaruh yang lebih besar dari pada gaya mengajar komando terhadap hasil belajar siswa pada materi bola basket
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | I24224 |
Uncontrolled Keywords: | bola basket, gaya mengajar komando, gaya mengajar latihan |
Subjects: | B > B19 Ball games E > E478 Exercise |
Divisions: | Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Pendidikan Jasmani |
Depositing User: | Mr. Matheus Ridho Raharjo |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 00:52 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 00:52 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/28058 |
Actions (login required)
View Item |