PRATAMA, Chintya Syan Putri (2017) Cyberpolitics Remotivi Pada Kampanye Pemilihan Presiden Tahun 2014 (Kampanye Dan Strategi Remotivi Melawan Media Televisi). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
Cover_1.pdf Download (18kB) | Preview |
|
PDF (Legalitas)
Legalitas dan bagian awal TA_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
||
|
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf Download (9kB) | Preview |
|
PDF (BabI)
Bab I_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
||
PDF (BabII)
Bab II_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) |
||
PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
||
PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (BabV)
Bab V_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
||
|
PDF (Daftarpustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf Download (150kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peran cyberpolitics Remotivi pemberitaan media televisi kampanye Pemilihan Presiden 2014 dan (2) menganalisis strategi cyberpolitics Remotivi dalam pemberitaan media televisi kampanye Pemilihan Presiden 2014. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan cara induktif dari fakta-fakta lapangan kemudian menyimpulkan ke dalam tataran konsep atau teori. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam dan dokumentasi untuk mendapatkan informasi yang mendukung analisis dan intepretasi data. Pemilihan informan dengan menggunakan teknik snowball sampling. Penelitian ini menggunakan analisis data interaktif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sebagai tinjauan ulang catatan lapangan serta dengan analisis strength, weakness, opportunities, dan threat atau yang disebut sebagai Analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peran cyberpolitics Remotivi adalah sebagai media watch. Peran Remotivi sebagai media watch adalah agar media tetap pada fungsinya untuk memberi informasi yang bebas dan berimbang. Selain itu, peran Remotivi sebagai literasi media dan politik masyarakat adalah untuk meningkatkan kesadaran kritis pada masyarakat karena media yang tidak netral. (2) strategi cyberpolitics Remotivi adalah Strategi riset sebagai strategi fakta dan data, kampanye, dan advokasi. Strategi riset adalah strategi yang digunakan Remotivi untuk memberi informasi berdasarkan fakta dan data, strategi kampanye adalah strategi Remotivi untuk melakukan kampanye dengan Website, Twitter, dan Youtube, strategi advokasi adalah strategi Remotivi dengan menggunakan petisi dan surat terbuka yang beraliansi dengan lembaga sosial. Analisis SWOT cyberpolitics Remotivi adalah (1) Strength (kekuatan) terletak pada Remotivi menggunakan medium media sosial, riset, serta segmentasi digital natives, utamanya adalah mahasiswa dan akademisi; (2) Weakness (kelemahan) Remotivi adalah sumber daya manusia yang minim, sehingga kampanye dengan website frekuensimilikpublik.org tidak maksimal; (3) Opportunities (kesempatan) pada Remotivi adalah riset yang dijadikan data portal berita media online karena Internet tanpa ruang, waktu, serta biaya rendah. Remotivi juga di sponsori oleh TIFA, HIVOS, CMS; dan Threat (ancaman) AF adalah bahwa penggunaan media sosial sebagai media alternatif. Media sosial dapat dimaksimalkan karena kelebihannya real time, tanpa batas ruang dan waktu. Publik perlu mendapatkan informasi bebas ditengah keruhnya informasi pada media televisi yang berkompetisi pada kampanye pemilihan presiden tahun 2014.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F17238 |
Uncontrolled Keywords: | Cyberpolitics, Media, Peran, Remotivi, Strategi, Pemilihan Presiden |
Subjects: | P > P624 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | Mr Rohmadi Rohmadi |
Date Deposited: | 02 Oct 2019 07:30 |
Last Modified: | 02 Oct 2019 07:30 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/2812 |
Actions (login required)
View Item |