PUSPITA, Era (2024) Students’ Perception on The Use Of Freerice Online Vocabulary Game in Learning New Vocabularies For Undergraduate English Education Students. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Era Puspita-J1E017044-Skripsi-2024.pdf Download (153kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Era Puspita-J1E017044-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Era Puspita-J1E017044-Skripsi-2024.pdf Download (235kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Era Puspita-J1E017044-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 25 July 2025. Download (219kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Era Puspita-J1E017044-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 25 July 2025. Download (824kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Era Puspita-J1E017044-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 25 July 2025. Download (481kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Era Puspita-J1E017044-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Era Puspita-J1E017044-Skripsi-2024.pdf Download (376kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Era Puspita-J1E017044-Skripsi-2024.pdf Download (460kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Era Puspita-J1E017044-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Peran penguasaan kosakata dalam pembelajaran bahasa sangatlah penting. Akan tetapi, masalah mendasar yang dihadapi banyak pembelajar EFL adalah kosakata yang terbatas. Dalam penelitian ini, siswa diperkenalkan dengan permainan kosakata daring Freerice. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi siswa dalam menggunakan Freerice untuk mempelajari kosakata bahasa Inggris baru dan bagaimana pembelajaran kosakata terjadi selama penggunaan Freerice. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus kualitatif. Penelitian ini dilakukan kepada 27 mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2022 Universitas Jenderal Soedirman. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan peneliti adalah tematik analisis. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa persepsi siswa terhadap Freerice adalah positif. Freerice dianggap sebagai permainan yang sederhana, bermanfaat, menyenangkan, menarik, menantang, dan inovatif untuk mempelajari kosakata baru. Kesederhanaan permainan Freerice, menampilkan jawaban yang benar secara langsung, sistem peringkat, pertanyaan yang tidak ada habisnya, sistem donasi, dan memunculkan kembali pertanyaan yang sebelumnya salah dijawab adalah beberapa aspek dari Freerice yang disukai siswa. Mengenai cara terjadinya pembelajaran kosakata, siswa menggunakan lima strategi dalam menggunakan Freerice sebagai alat untuk pembelajaran kosakata secara mandiri. Strategi tersebut adalah strategi memori, kognitif, kompensasi, metakognitif, dan afektif. Sebagai kesimpulan, siswa merasa bahwa Freerice sangat direkomendasikan untuk mempelajari kosakata bahasa Inggris baru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J24161 |
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, pembelajaran kosakata, Freerice |
Subjects: | E > E312 English language Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mrs Era Puspita |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 08:44 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 08:44 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/28144 |
Actions (login required)
View Item |