MUSYAFA, Nabilla Ulayya (2024) Assessing Teachers’ Preference Towards Textbooks Provided by Private-Sector Publishers (A Phenomenological Research of English Teachers in Junior High School Academic Year 2023/2024). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Nabilla Ulayya Musyafa-J1E020037-Skripsi-2024.pdf Download (99kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nabilla Ulayya Musyafa-J1E020037-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (788kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRACT-Nabilla Ulayya Musyafa-J1E020037-Skripsi-2024.pdf Download (175kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Nabilla Ulayya Musyafa-J1E020037-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 26 July 2025. Download (130kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Nabilla Ulayya Musyafa-J1E020037-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 26 July 2025. Download (382kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Nabilla Ulayya Musyafa-J1E020037-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 26 July 2025. Download (146kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Nabilla Ulayya Musyafa-J1E020037-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (600kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Nabilla Ulayya Musyafa-J1E020037-Skripsi-2024.pdf Download (172kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR-PUSTAKA-Nabilla Ulayya Musyafa-J1E020037-Skripsi-2024.pdf Download (132kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Nabilla Ulayya Musyafa-J1E020037-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (486kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi guru bahasa Inggris terhadap buku pelajaran yang disediakan oleh penerbit swasta, dengan fokus pada guru-guru di SMP Negeri 09 Tegal, Indonesia. Kedudukan buku teks dalam proses belajar mengajar sangatlah penting, begitu juga dengan pemilihan buku teks yang tepat untuk digunakan di kelas. Terlepas dari ketersediaan buku pelajaran dari penerbit pemerintah dan swasta, penelitian tentang preferensi guru dalam konteks ini masih sangat terbatas. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan fenomenologi yang Melibatkan wawancara mendalam dan observasi terhadap guru Bahasa Inggris dan siswa di SMP N 09 Tegal. Partisipan dari penelitian ini terdiri dari tiga guru Bahasa Inggris yang berpengalaman dan ketua MGMP Bahasa Inggris, serta tiga siswa yang dipilih secara khusus. Data dikumpulkan dan dianalisis secara tematik untuk mengungkap-faktor-faktor yang mendasari pemilihan buku teks pelajaran, persepsi guru terhadap penggunaan buku teks pelajaran dari penerbit swasta, dan tantangan yang dihadapi dalam penggunaan buku teks pelajaran dari penerbit swasta. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kualitas dan variasi konten, termasuk adanya soal-soal latihan dan media visual, merupakan faktor yang signifikan dalam pemilihan buku teks pelajaran oleh guru. Para guru juga menghargai kebergunaan, kepraktisan, keterbacaan, dan ketersediaan materi pelengkap dalam suatu buku teks pelajaran. Meskipun secara umum persepsi yang diberikan guru merupakan persepsi yang positif, beberapa tantangan telah diidentifikasi, seperti kompleksitas bahasa dn konten, kurangnya konteks lokal, dan keterbatasan sarana dan prasarana pendukung. Tantangan yang terkait siswa juga diidentifikasi, yaitu meliputi karakteristik siswa yang beragama dan tingkat kemahiran bahasa Inggris yang berbeda-beda sehingga membutuhkan strategi pengajaran teradaptasi oleh guru. Dengan demikian, penelitian ini menyarankan agar pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Riset dapat membuat buku teks yang lebih sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru di kelas agar dapat lebih bermanfaat bagi pendidikan di Indonesia secara umum.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J24197 |
Uncontrolled Keywords: | guru bahasa Inggris, persepsi guru, penerbit swasta, preferensi guru, tantangan |
Subjects: | B > B279 Book selection E > E312 English language Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mrs. Nabilla Ulayya Musyafa |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 08:17 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 08:17 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/28167 |
Actions (login required)
View Item |