NURHALIMAH, Ninda Ayu (2024) Analisis Wacana terhadap Branding Politik Partai Gerindra Menjelang Pemilu 2024 pada Media Sosial Platform TikTok. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Ninda Ayu Nurhalimah-F1D020054-Skripsi-2024.pdf Download (424kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Ninda Ayu Nurhalimah-F1D020054-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Ninda Ayu Nurhalimah-F1D020054-Skripsi-2024.pdf Download (410kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Ninda Ayu Nurhalimah-F1D020054-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 29 July 2025. Download (559kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Ninda Ayu Nurhalimah-F1D020054-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 29 July 2025. Download (494kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Ninda Ayu Nurhalimah-F1D020054-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 29 July 2025. Download (306kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Ninda Ayu Nurhalimah-F1D020054-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (971kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Ninda Ayu Nurhalimah-F1D020054-Skripsi-2024.pdf Download (397kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Ninda Ayu Nurhalimah-F1D020054-Skripsi-2024.pdf Download (397kB) |
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk melakukan analisis wacana terhadap branding politik Partai Gerindra menjelang Pemilu 2024 melalui media sosial platform TikTok. Dengan menggunakan metode analisis wacana, penelitian ini berfokus pada pemahaman dan interpretasi makna-makna politik yang diterapkan oleh Partai Gerindra melalui media konten-konten yang tersebar di platform TikTok. Data penelitian diperoleh melalui teks, video serta interaksi pengguna pada platform tersebut. Metode analisis kualitatif digunakan untuk mengidentifikasi tema utama, bahasa, serta strategi pemasaran yang digunakan oleh Partai Gerindra dalam upaya membentuk citra dan branding politik pada media sosial. Ada dua teori yang digunakan, yakni teori Firmanzah terkait empat bauran marketing politik dan teori Lees-Marshment dalam Andi Nur Amalia terkait branding politik. Penelitian ini telah membuktikan bahwa branding politik Partai Gerindra pada media sosial platform TikTok telah berhasil mencapai targetnya dalam hal pemasaran politik melalui media sosial. Dibuktikan dengan banyaknya pengikut akun, tayangan, dan jumlah tanda suka dari konten yang ditampilkan oleh akun TikTok resmi partai Gerindra. Yang diharapkan dari hasil penelitian ini yaitu dapat memberikan pemahaman mengenai bagaimana proses dilakukannya branding politik melalui media sosial khususnya TikTok. Penelitian ini diharapkan bisa memberikan suatu pemahaman teoritis tentang media dan pemasaran politik, serta memberikan pandangan praktis bagi partai politik dalam memanfaatkan platform digital sebagai sarana efektif untuk berkomunikasi dengan pemilih.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F24271 |
Uncontrolled Keywords: | Analisis Wacana, Branding Politik, Marketing Politik, Media Sosial |
Subjects: | B > B337 Brand name products M > M80 Marketing P > P395 Political parties |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Politik |
Depositing User: | Mrs. Ninda Ayu Nurhalimah |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 00:43 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 00:43 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/28177 |
Actions (login required)
View Item |