PRABANINGRUM, Meliyana Rizki (2024) Pengaruh Greenwashing terhadap Niat Beralih dengan Green Consumer Confusion, Perceived Consumer Skepticism sebagai Variabel Mediasi dan Green Perceived Risk sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Konsumen PlantBottle Coca-Cola pada WNI). Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-MELIYANA RIZKI PRABANINGRUM-C2C022007-THESIS-2024.pdf Download (176kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-MELIYANA RIZKI PRABANINGRUM-C2C022007-THESIS-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (467kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-MELIYANA RIZKI PRABANINGRUM-C2C022007-THESIS-2024.pdf Download (227kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-MELIYANA RIZKI PRABANINGRUM-C2C022007-THESIS-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 2 August 2025. Download (491kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-MELIYANA RIZKI PRABANINGRUM-C2C022007-THESIS-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 2 August 2025. Download (409kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-MELIYANA RIZKI PRABANINGRUM-C2C022007-THESIS-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 2 August 2025. Download (364kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-MELIYANA RIZKI PRABANINGRUM-C2C022007-THESIS-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (550kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-MELIYANA RIZKI PRABANINGRUM-C2C022007-THESIS-2024.pdf Download (227kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-MELIYANA RIZKI PRABANINGRUM-C2C022007-THESIS-2024.pdf Download (262kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-MELIYANA RIZKI PRABANINGRUM-C2C022007-THESIS-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitiaan ini merupakan penelitian survey pada konsumen PlantBottle Coca-Cola yang berada di 8 negara yaitu Australia, Hong Kong, Amerika Serikat, Korea, Canada, Jepang, China,Taiwan. Penelitian ini mengambil judul “Pengaruh Greenwashing terhadap Niat Beralih dengan Grenn Consumer Confusion, Perceived Consumer Skepticism sebagai Variabel Mediasi dan Green perceived risk sebagai Variabel Moderasi” (Studi Kasus Konsumen PlantBottle Coca-Cola pada WNI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuui pengaruh greenwashing terhadap niat beralih. Selain itu, populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang konsumen PlantBottle Coca-Cola pada Warga Negara Indonesia. Jumlah responden yang diambil dalam penelitian ini adalah 120 responden. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dengan menggunakan SMART PLS menunujukan bahwa: (1) Greenwashing tidak berpengaruh terhadap niat beralih, (2) Green consumen confusion tidak memediasi pengaruh greenwashing terhadap niat beralih, (3) Perceived consumer skepticism memediasi pengaruh greenwashing terhadap niat beralih, (4) Green perceived risk tidak memoderasi hubungan greenwashing terhadap niat beralih. Implikasi dari kesimpulan di atas yaitu upaya meningkatkan kepuasan para konsumen, pihak perusahaan Coca-cola sebaiknya memperhatikan berbagai kebijakan yang berkaitan dengan informasi PlantBottle. Hasil penelitian ini memberikan wawasan baru tentang bagaimana greenwashing tidak hanya berdampak langsung pada perilaku konsumen tetapi juga melalui mekanisme psikologis seperti skeptisisme yang dirasakan. Hal ini membantu memperdalam pemahaman kita tentang dinamika greenwashing dan dampaknya pada kepercayaan konsumen. Upaya yang dapat dilakukan adalah perusahaan perlu melakukan evaluasi menyeluruh terhadap keberlanjutan produk dan menyampaikan informasi yang benar mengenai klaim lingkungan, menggunakan iklan yang memberikan kesan positif terhadap dampak lingkungan agar konsumen tidak salah paham.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Nomor Inventaris: | P224161 |
Uncontrolled Keywords: | Greenwashing, Green Consumer Confusion, Perceived Consumer Skepticism, Green Perceived Risk, Niat Beralih |
Subjects: | C > C793 Consumers |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen |
Depositing User: | Mrs. MELIYANA RIZKI PRABANINGRUM |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 01:53 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 01:53 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/28303 |
Actions (login required)
View Item |