Yanti, Wiwik Yuli (2024) Pengaruh Learning Management System (LMS) ELDirU dan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (COVER)
COVER-Wiwik Yuli Yanti-C1L017011-SKRIPSI-2024.pdf Download (149kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGARITAS-Wiwik Yuli Yanti-C1L017011-SKRIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (561kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Wiwik Yuli Yanti-C1L017011-SKRIPSI-2024.pdf Download (264kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Wiwik Yuli Yanti-C1L017011-SKRIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 7 August 2025. Download (284kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Wiwik Yuli Yanti-C1L017011-SKRIPSI-2024.pdf Restricted to Registered users only until 7 August 2025. Download (539kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Wiwik Yuli Yanti-C1L017011-SKRIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 7 August 2025. Download (338kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Wiwik Yuli Yanti-C1L017011-SKRIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (506kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Wiwik Yuli Yanti-C1L017011-2024.pdf Download (176kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Wiwik Yuli Yanti-C1L017011-SKRIPSI-2024.pdf Download (242kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Wiwik Yuli Yanti-C1L017011-SKRIPSI-2024..pdf Restricted to Repository staff only Download (557kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, serta menguji Pengaruh Learning Management System (LMS) eLDirU dan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi tahun 2021-2022 yang berjumlah 94 mahasiswa, dengan Nonprobability Sampling adalah teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang atau kesempatan sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk menjadi sampel. Sumber data penelitian ini didapatkan dari kuesioner penelitian, buku, serta artikel atau jurnal ilmiah yang terpublikasi. Kuesioner penelitian disajikan dalam bentuk kuesioner tertutup menggunakan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu uji validitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji koefien determinasi (R^2), regresi linear berganda, uji statistik F, dan uji statistik t. Data kuesioner penelitian ditransformasi menjadi data interval menggunakan Method of Successive Intervals (MSI) berbantuan Microsoft Excel, dan analisis data menggunakan program SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Learning Management System (LMS) eLDirU berengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa. 2) Model Pembelajaran Project Based Learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. 3) Learning Management System (LMS) eLDirU dan Model Pembelajaran Project Based Learning berengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa. Implikasi dari penelitian ini yaitu : 1) Desain LMS eLDirU selalu konsisten dalam penggunaanya sehingga diharapkan dapat membuat motivasi belajar mahasiswa menjadi meningkat. 2) Dosen diharapkan turut membantu kemampuan mahasiswa dalam membuat kesimpulan dari sebuah projek terutama ketika pembelajaran dengan menggunakan metode PjBL.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C24378 |
Uncontrolled Keywords: | Learning Management System (LMS) eLDirU ,Model Pembelajaran Project Based Learning, Motivasi Belajar Mahasiswa. |
Subjects: | I > I140 Information systems Management M > M567 Motivation Psychology S > S774 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs. Wiwik Yuli Yanti |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 10:15 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 10:15 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/28413 |
Actions (login required)
View Item |