AIDA, Amalia Devisa (2024) Pengaruh Disiplin Kerja Dan Kompetensi Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Di Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Darma Ayu Kabupaten Indramayu Cabang Kedokan Bunder. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Amalia Devisa Aida-F1B017017-Skripsi-2024.pdf Download (116kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Amalia Devisa Aida-F1B017017-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (495kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Amalia Devisa Aida -F1B017017- Skripsi-2024.pdf Download (119kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Amalia Devisa Aida-F1B017017- Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 8 August 2025. Download (176kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Amalia Devisa Aida -F1B017017- Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 8 August 2025. Download (210kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III- Amalia Devisa Aida-F1B017017-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 8 August 2025. Download (202kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Amalia Devisa Aida-F1B017017-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Amalia Devisa Aida-F1B017017-Skripsi-2024.pdf Download (102kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Amalia Devisa Aida-F1B017017-Skripsi-2024.pdf Download (180kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Amalia Devisa Aida-F1B017017-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada pentingnya peran PERUMDAM dalam menyediakan layanan air bersih yang optimal kepada masyarakat. Dalam konteks ini, kualitas pelayanan menjadi salah satu indikator utama keberhasilan perusahaan, yang sangat dipengaruhi oleh faktor internal seperti disiplin kerja dan kompetensi pegawai. Disiplin kerja yang baik akan memastikan pegawai menjalankan tugasnya dengan konsisten dan tepat waktu, sementara kompetensi pegawai mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan untuk memberikan pelayanan yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh disiplin kerja dan kompetensi pegawai terhadap kualitas pelayanan di Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PERUMDAM) Tirta Darma Ayu Kabupaten Indramayu Cabang Kedokan Bunder. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan pendekatan survei, data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada pegawai PERUMDAM. Analisis data dilakukan dengan teknik regresi ordinal untuk menguji hubungan antara variabel disiplin kerja, kompetensi pegawai, dan kualitas pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin kerja berpengaruh positif signifikan antara disiplin kerja dengan kualitas pelayanan dengan nilai 0,534 signifikan tetapi dalam kategori sedang. Sedangkan pada kompetensi pegawai menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan antara kompetensi pegawai dengan kualitas pelayanan dengan nilai 0,697 signifikan tetapi dalam kategori tinggi. Hasil Pseudo R square atau koefisien determinan semu. Ternyata, pengaruh disiplin kerja dan kompetensi pegawai terhadap kualitas pelayanan sebesar 95,3% - 99,8% sedangkan sisanya 0,2% - 4,7%dipengaruhi oleh variabel lain. Hal ini dapat disimpulkan pengaruh disiplin kerja dan kompetensi pegawai terhadap kualitas pelayanan tinggi. Maka dari itu peningkatan disiplin kerja dan kompetensi pegawai secara signifikan dapat meningkatkan kualitas pelayanan di PERUMDAM Tirta Darma Ayu. Oleh karena itu, rekomendasi yang diberikan mencakup perlunya perusahaan untuk mengimplementasikan program pelatihan dan pengembangan yang komprehensif serta kebijakan yang mendukung peningkatan disiplin kerja pegawai untuk mencapai kualitas pelayanan yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F24290 |
Uncontrolled Keywords: | Disiplin Kerja, Kompetensi Pegawai, Kualitas Pelayanan, Perumdam |
Subjects: | E > E217 Employee P > P142 Performance S > S230 Service industries |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik |
Depositing User: | Mrs. Amalia Devisa Aida |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 07:30 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 07:30 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/28445 |
Actions (login required)
View Item |