Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Proactive Personality dan Supervisor Support Terhadap Proactive Behavior Pada Guru Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Purbalingga

Utami, Veninda Ayu (2024) Pengaruh Proactive Personality dan Supervisor Support Terhadap Proactive Behavior Pada Guru Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Purbalingga. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Veninda Ayu Utami-C2C022013-Tesis-2024.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Veninda Ayu Utami-C2C022013-Tesis-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Veninda Ayu Utami-C2C022013-Tesis-2024.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Veninda Ayu Utami-C2C022013-Tesis-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 August 2025.

Download (102kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Veninda Ayu Utami-C2C022013-Tesis-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 August 2025.

Download (402kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Veninda Ayu Utami-C2C022013-Tesis-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Veninda Ayu Utami-C2C022013-Tesis-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (742kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Veninda Ayu Utami-C2C022013-Tesis-2024.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Veninda Ayu Utami-C2C022013-Tesis-2014.pdf

Download (171kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Veninda Ayu Utami-C2C022013-Tesis-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian survey pada guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini mengambil judul “Pengaruh Proactive Personality dan Supervisor Support Terhadap Proactive Behavior Pada Guru Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Purbalingga”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepribadian proaktif dan dukungan dari atasan terhadap perilaku proaktif, dengan dimediasi oleh kepuasan kerja dan luasnya peran efikasi diri. Penelitian ini adalah penelitian teoritis atau fundamental. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan data disatu waktu (cross section). Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 191 responden. Penelitian ini menunjukkan bahwa kontribusi pada perilaku proaktif ditunjukkan langsung melalui faktor internal, yaitu oleh kepribadian proaktif, kepuasan kerja, dan luasnya peran efikasi diri. Dukungan dari atasan yang merupakan faktor eksternal ditunjukkan secara tidak langsung. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dengan menggunakan SEM-PLS, menunjukkan bahwa: (1) Kepribadian proakif berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku proaktif, (2) Dukungan dari atasan tidak berpengaruh terhadap perilaku proaktif, (3) Kepribadian proaktif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, (4) Kepribadian proaktif berpengaruh positif dan signifikan terhadap luasnya peran efikasi diri, (5) Dukungan dari atasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, (6) Dukungan dari atasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap luasnya peran efikasi diri, (7) Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku poaktif, (8) Luasnya peran efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku proaktif, (9) Kepuasan kerja memediasi pengaruh antara kepribadian proaktif dan perilaku proaktif, (10) Luasnya peran efikasi diri memediasi pengaruh antara kepribadian proaktif dan perilaku proaktif, (11) Kepuasan kerja memediasi pengaruh antara dukungan dari atasan dan perilaku proaktif, (12) Luasnya peran efikasi diri memediasi pengaruh antara dukungan dari atasan dan perilaku proaktif. Implikasi dari kesimpulan adalah pelatihan guru mencakup pengembangan kepribadian proaktif dan efikasi diri untuk meningkatkan kepercayaan diri dan inisiatif dalam pembelajaran. Kepala sekolah perlu memberikan dukungan konsisten berupa pengakuan, penghargaan, dan bantuan sehari-hari untuk meningkatkan kepuasan kerja dan mendorong perilaku proaktif. Lingkungan kerja yang mendukung, dengan kondisi kerja yang baik, kompensasi adil, peluang pengembangan karier, dan budaya positif, juga penting. Umpan balik konstruktif dan rutin membantu meningkatkan kinerja dan perilaku proaktif. Sekolah juga dapat mendorong kolaborasi melalui komunitas pembelajaran profesional untuk berbagi praktik terbaik dan meningkatkan efikasi diri serta kepuasan kerja.

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P224173
Uncontrolled Keywords: Dukungan dari atasan, Luasnya peran efikasi diri, Kepribadian proaktif, Kepuasan kerja, Perilaku proaktif
Subjects: H > H305 Human behavior
T > T41 Teachers
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen
Depositing User: Mrs. Veninda Ayu Utami
Date Deposited: 09 Aug 2024 08:42
Last Modified: 09 Aug 2024 08:42
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/28494

Actions (login required)

View Item View Item