ZAHRA, Nabila Hawwa Az (2024) Implementasi Strategi Komunikasi Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto dalam Menjaga Relasi dengan Railfans. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Nabila Hawwa Az Zahra-F1C020062-Skripsi-2024.pdf Download (174kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nabila Hawwa Az Zahra-F1C020062-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (870kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Nabila Hawwa Az Zahra-F1C020062-Skripsi-2024.pdf Download (124kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Nabila Hawwa Az Zahra-F1C020062-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 15 August 2025. Download (165kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Nabila Hawwa Az Zahra-F1C020062-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 15 August 2025. Download (569kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Nabila Hawwa Az Zahra-F1C020062-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 15 August 2025. Download (159kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Nabila Hawwa Az Zahra-F1C020062-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Nabila Hawwa Az Zahra-F1C020062-Skripsi-2024.pdf Download (124kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Nabila Hawwa Az Zahra-F1C020062-Skripsi-2024.pdf Download (164kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Nabila Hawwa Az Zahra-F1C020062-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (832kB) |
Abstract
Pada hakikatnya, strategi komunikasi digunakan untuk mencapai tujuan perusahaan. Strategi komunikasi yang dilakukan oleh humas perusahaan berdampak besar ketika posisi hubungan masyarakat diperlukan sebagai pengembangan bisnis. Penggunaan strategi komunikasi pada akhirnya memberikan pengaruh bagi kemajuan suatu perusahaan, tak terkecuali PT KAI Daop 5 Purwokerto. Melalui Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, strategi komunikasi dilakukan dengan menyasar komunitas lokal, yaitu komunitas pecinta kereta api yang disebut dengan Railfans. Keikutsertaan pihak eksternal dalam kegiatan hubungan masyarakat membantu seorang public relation dalam membangun hubungan yang positif dengan publik. Di sisi lain, padatnya program kerja dan kegiatan Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto juga melatarbelakangi keikutsertaan komunitas Railfans sebagai sukarelawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi strategi komunikasi yang dilakukan oleh humas PT KAI Daop 5 Purwokerto dalam menjaga relasi dengan Railfans. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan management relationship theory dalam mengkaji penelitian ini. Hasil penelitian ini dianalisis menggunakan dimensi pengukuran menurut Hon & Grunig (1999) yang berisi 4 dimensi yaitu dimensi kepercayaan, komitmen, kepuasan, dan kontrol kebersamaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto memenuhi semua dimensi pengukuran dalam menjaga relasi dengan komunitas Railfans.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F24308 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi komunikasi, humas, relasi, komunitas |
Subjects: | P > P644 Public relations S > S733 Strategy |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mrs. Nabila Hawwa Az Zahra |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 01:01 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 01:01 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/28630 |
Actions (login required)
View Item |