Rohyati, Anisah (2024) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Masyarakat melalui Prestasi Belajar Ekonomi terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Tinggi. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
This is the latest version of this item.
PDF (Cover)
COVER-Anisah Rohyati-C1L020049-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Anisah Rohyati-C1L020049-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (580kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Anisah Rohyati-C1L020049-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) |
|
PDF (Bab1)
BAB I-Anisah Rohyati-C1L020049-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 15 August 2025. Download (422kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Anisah Rohyati-C1L020049-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 15 August 2025. Download (500kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Anisah Rohyati-C1L020049-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 15 August 2025. Download (589kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Anisah Rohyati-C1L020049-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (741kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Anisah Rohyati-C1L020049-Skripsi-2024.pdf Download (247kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Anisah Rohyati-C1L020049-Skripsi-2024.pdf Download (407kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Anisah Rohyati-C1L020049-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kejobong, Purbalingga. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menguji pengaruh status sosial ekonomi orang tua, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat melalui prestasi belajar ekonomi terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Populasi dalam penelitian ini 212 orang yang merupakan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kejobong dengan mata pelajaran pilihan ekonomi. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling menggunakan rumus slovin(5%) diperoleh sampel sebanyak 139 responden. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner tertutup, dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan meliputi regresi linear berganda dan analisis jalur. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program IBM SPSS Statistics 27 diperoleh hasil penelitian bahwa status sosial ekonomi orang tua melalui prestasi belajar ekonomi berpengaruh terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, lingkungan sekolah melalui prestasi belajar ekonomi berpengaruh terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan lingkungan masyarakat melalui prestasi belajar ekonomi tidak berpengaruh terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Implikasi dari penelitian ini diantaranya: pertama, siswa yang memiliki orang tua dengan keadaan ekonomi rendah, sebaiknya mencari informasi beasiswa ke perguruan tinggi. Kedua, sekolah memberikan dukungan kepada siswa yang kurang mampu, agar terus belajar. Ketiga, guru membangun komunikasi dengan orang tua terkait rencana karir siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C24388 |
Uncontrolled Keywords: | Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Lingkungan Sekolah, Lingkungan Masyarakat, Prestasi Belajar Ekonomi, Minat Melanjutkan Pendidikan Tinggi |
Subjects: | C > C563 Colleges and universities M > M567 Motivation Psychology |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs. Anisah Rohyati |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 06:45 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 06:45 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/28664 |
Available Versions of this Item
-
Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Masyarakat melalui Prestasi Belajar Ekonomi terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Tinggi. (deposited 15 Aug 2024 04:45)
- Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Masyarakat melalui Prestasi Belajar Ekonomi terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Tinggi. (deposited 15 Aug 2024 06:45) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |