WIDIANINGSIH, Dinar Wahyu (2024) Aplikasi Logika Fuzzy dan Teori Permainan untuk Menentukan Strategi Pemasaran pada Marketplace. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Dinar Wahyu Widianingsih-K1B020067-Skripsi-2024.pdf Download (70kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Dinar Wahyu Widianingsih-K1B020067-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (941kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Dinar Wahyu Widianingsih-K1B020067-Skripsi-2024.pdf Download (118kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Dinar Wahyu Widianingsih-K1B020067-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Dinar Wahyu Widianingsih-K1B020067-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (461kB) |
|
PDF (BABIII)
BAB III-Dinar Wahyu Widianingsih-K1B020067-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
|
PDF (BABIV)
BAB IV-Dinar Wahyu Widianingsih-K1B020067-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (512kB) |
|
PDF (BABV)
BAB V-Dinar Wahyu Widianingsih-K1B020067-Skripsi-2024.pdf Download (117kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Dinar Wahyu Widianingsih-K1B020067-Skripsi-2024.pdf Download (106kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Dinar Wahyu Widianingsih-K1B020067-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Banyaknya marketplace di Indonesia mengakibatkan persaingan yang ketat dan meningkat. Oleh karena itu, setiap marketplace harus menerapkan strategi pemasaran terbaik untuk menarik minat pembeli dalam menggunakan platform tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi pemasaran terbaik pada marketplace yang sering digunakan oleh responden. Responden konsumen dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas MIPA Universitas Jenderal Soedirman. Responden mengisi kuesioner berdasarkan penilaian dan perspektif masing-masing pada tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan dari 10 atribut/strategi pemasaran yang telah ditentukan terkait marketplace. Penentuan strategi pemasaran terbaik yang digunakan oleh marketplace dapat diperoleh dengan cara menerapkan teori permainan berbasis logika fuzzy. Strategi terbaik dapat diidentifikasi berdasarkan nilai pay off yang optimal sehingga dapat memberikan keuntungan maksimal atau kerugian minimal setelah permainan berakhir. Nilai pay off didapatkan dengan menggunakan logika fuzzy. Hasil perhitungan nilai pay off dari penelitian ini mendapatkan saddle point antara Shopee dengan Tokopedia sebesar 0,123. Kemudian, saddle point antara Shopee dengan Lazada sebesar 0,565 dan saddle point antara Tokopedia dengan Lazada sebesar 0,442. Berdasarkan ketiga permainan dan hasil saddle point tersebut didapatkan bahwa strategi pemasaran optimal yang digunakan oleh Shopee dan Tokopedia adalah atribut metode pembayaran, sedangkan strategi pemasaran optimal yang digunakan oleh Lazada adalah atribut potongan harga.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | K24118 |
Uncontrolled Keywords: | Marketplace, Teori Permainan, Logika Fuzzy, Saddle Point, Two Person Zero Sum Game. |
Subjects: | I > I260 Internet marketing |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > S1 Matematika |
Depositing User: | Mrs Dinar Wahyu Widianingsih |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 01:05 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 01:05 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/28998 |
Actions (login required)
View Item |