Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Aplikasi Logika Fuzzy dan Teori Permainan untuk Menentukan Strategi Pemasaran pada Marketplace

WIDIANINGSIH, Dinar Wahyu (2024) Aplikasi Logika Fuzzy dan Teori Permainan untuk Menentukan Strategi Pemasaran pada Marketplace. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Dinar Wahyu Widianingsih-K1B020067-Skripsi-2024.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Dinar Wahyu Widianingsih-K1B020067-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (941kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Dinar Wahyu Widianingsih-K1B020067-Skripsi-2024.pdf

Download (118kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Dinar Wahyu Widianingsih-K1B020067-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Dinar Wahyu Widianingsih-K1B020067-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[img] PDF (BABIII)
BAB III-Dinar Wahyu Widianingsih-K1B020067-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] PDF (BABIV)
BAB IV-Dinar Wahyu Widianingsih-K1B020067-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img] PDF (BABV)
BAB V-Dinar Wahyu Widianingsih-K1B020067-Skripsi-2024.pdf

Download (117kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Dinar Wahyu Widianingsih-K1B020067-Skripsi-2024.pdf

Download (106kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Dinar Wahyu Widianingsih-K1B020067-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Banyaknya marketplace di Indonesia mengakibatkan persaingan yang ketat dan meningkat. Oleh karena itu, setiap marketplace harus menerapkan strategi pemasaran terbaik untuk menarik minat pembeli dalam menggunakan platform tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi pemasaran terbaik pada marketplace yang sering digunakan oleh responden. Responden konsumen dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas MIPA Universitas Jenderal Soedirman. Responden mengisi kuesioner berdasarkan penilaian dan perspektif masing-masing pada tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan dari 10 atribut/strategi pemasaran yang telah ditentukan terkait marketplace. Penentuan strategi pemasaran terbaik yang digunakan oleh marketplace dapat diperoleh dengan cara menerapkan teori permainan berbasis logika fuzzy. Strategi terbaik dapat diidentifikasi berdasarkan nilai pay off yang optimal sehingga dapat memberikan keuntungan maksimal atau kerugian minimal setelah permainan berakhir. Nilai pay off didapatkan dengan menggunakan logika fuzzy. Hasil perhitungan nilai pay off dari penelitian ini mendapatkan saddle point antara Shopee dengan Tokopedia sebesar 0,123. Kemudian, saddle point antara Shopee dengan Lazada sebesar 0,565 dan saddle point antara Tokopedia dengan Lazada sebesar 0,442. Berdasarkan ketiga permainan dan hasil saddle point tersebut didapatkan bahwa strategi pemasaran optimal yang digunakan oleh Shopee dan Tokopedia adalah atribut metode pembayaran, sedangkan strategi pemasaran optimal yang digunakan oleh Lazada adalah atribut potongan harga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: K24118
Uncontrolled Keywords: Marketplace, Teori Permainan, Logika Fuzzy, Saddle Point, Two Person Zero Sum Game.
Subjects: I > I260 Internet marketing
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > S1 Matematika
Depositing User: Mrs Dinar Wahyu Widianingsih
Date Deposited: 22 Aug 2024 01:05
Last Modified: 22 Aug 2024 01:05
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/28998

Actions (login required)

View Item View Item