Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Usulan Perbaikan Kualitas Pelayanan untuk Meningkatkan Kepuasan Penggunjung Menggunakan Metode Tourism-Service Quality dan Importance Performance Analysis (Studi Kasus Lokawisata Baturraden)

PUTRI, Reina Stevani (2024) Usulan Perbaikan Kualitas Pelayanan untuk Meningkatkan Kepuasan Penggunjung Menggunakan Metode Tourism-Service Quality dan Importance Performance Analysis (Studi Kasus Lokawisata Baturraden). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Reina Stevani Putri-H1E020015-Skripsi-2024.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Reina Stevani Putri-H1E020015-Skripsi-2014.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (907kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Reina Stevani Putri-H1E020015-Skripsi-2014.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Reina Stevani Putri-H1E020015-Skripsi-2014.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 August 2025.

Download (205kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Reina Stevani Putri-H1E020015-Skripsi-2014.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 August 2025.

Download (388kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Reina Stevani Putri-H1E020015-Skripsi-2014.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 August 2025.

Download (344kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Reina Stevani Putri-H1E020015-Skripsi-2014.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-K-Reina Stevani Putri-H1E020015-Skripsi-2014.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 August 2025.

Download (198kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Reina Stevani Putri-H1E020015-Skripsi-2014.pdf

Download (287kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Reina Stevani Putri-H1E020015-Skripsi-2014.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)

Abstract

Salah satu tempat wisata yang paling terkenal di Kabupaten Banyumas adalah Lokawisata Baturraden, yang berada di Jalan Raya Baturaden, Karangmangu, Kabupaten Banyumas. Lokasi wisata ini berada di bawah pengelolaan Pemerintahan Daerah. Kualitas pelayanan jasa, sebagai salah satu indkator terpenuhinya persepsi pengunjung (wisatawan) Lokawisata Baturraden mengharuskan pihak pengelola untuk dapat memberikan kualitas pelayanan yang baik dan memuaskan bagi pengunjung. Penurunan jumlah pengunjung dari tahun ke tahun, menjadi faktor yang menyebabkan target yang tidak tercapai pada Lokawisata Baturraden. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai gap antara persepsi dan harapan pengunjung terhadap kualitas pelayanan yang diberikan Lokawisata Baturraden, mengatahui atribut-atribut pelayanan yang perlu dikembangkan dan diperbaiki Lokawisata Baturraden, dan memberikan usulan perbaikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan Lokawisata Baturraden dalam bentuk Reverse Fishbone Diagram dengan menggunakan integrasi metode Tourism-Service Quality (Tourservqual) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil analisis menggunakan metode Tourservqual menunjukan bahwa pelayanan yang diberikan Lokawisata Baturraden belum mampu memenuhi harapan pengunjung, hal tersebut terbukti dari nilai gap seluruh atribut pelayanan bernilai negatif dengan rata-rata sebesar -0,62. Terdapat 12 atribut yang menjadi prioritas untuk dilakukannya perbaikan berdasarkan analisis dengan metode Importance Performace Analysis, sehingga ke-12 atribut tersebut diberikan usulan perbaikan dalam bentuk Reverse Fishbone Diagram dan menghasilkan 37 usulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: H24331
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pengunjung, Kualitas Pelayanan, Tourservqual, Importance Performance Analysis, Reverse Fishbone Diagram
Subjects: C > C1009 Cultural tourism
C > C652 Community services
Q > Q2 Quality control
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri
Depositing User: Mrs Reina Stevani Putri
Date Deposited: 22 Aug 2024 02:25
Last Modified: 22 Aug 2024 02:25
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/29047

Actions (login required)

View Item View Item