LARASATI, Sekar (2024) An Analysis of Thai Students’ Responses Toward Communication Strategies Applied by An Indonesian Pre-Service English Teacher in Teaching English (A Case Study of Foreign National Students Intern Program (FNSIP) at Muslim Pathanasart School in the Academic Year of 2023/2024). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Sekar Larasati-J1E020035-Skripsi-2024.pdf Download (229kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Sekar Larasati-J1E020035-Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Sekar Larasati-J1E020035-Skripsi-2024.pdf Download (270kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Sekar Larasati-J1E020035-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 23 August 2025. Download (179kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Sekar Larasati-J1E020035-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 23 August 2025. Download (488kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Sekar Larasati-J1E020035-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 23 August 2025. Download (217kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Sekar Larasati-J1E020035-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (758kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Sekar Larasati-J1E020035-Skripsi-2024.pdf Download (160kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Sekar Larasati-J1E020035-Skripsi-2024.pdf Download (294kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Sekar Larasati-J1E020035-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang diterapkan oleh guru Bahasa Inggris pra-jabatan dan bagaimana respon siswa Thailand terhadap strategi komunikasi yang diterapkan oleh Guru Bahasa Inggris pra-jabatan dalam mengajar Bahasa Inggris di Muslim Pathanasart School, Pattani, Thailand Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus kualitatif yang dijabarkan secara deskriptif. Fokus penelitian ini adalah siswa pada dua kelas Program Bahasa Inggris di Mulism Pathanasart School pada tahun ajaran 2023/2024. Peneliti menggunakan observasi, angket dan wawancara untuk mengumpulkan data. Dalam analisis data, pertama-tama peneliti mengelola data yang dikumpulkan. Setelah itu, peneliti mengklasifikasikan data yang terkumpul berdasarkan tiga jenis respon, yaitu respon afektif, respon perilaku (konatif), dan respon kognitif, dan mengklasifikasikannya berdasarkan enam belas strategi komunikasi menurut Kongsom (2009). Kemudian, peneliti menampilkan data yang dikumpulkan menggunakan grafik dan tabel. Selanjutnya peneliti mendeskripsikan seluruh data yang telah diperoleh. Terakhir, peneliti mendeskripsikan data dan menjelaskan secara mendalam strategi komunikasi yang diterapkan oleh guru bahasa Inggris pra-jabatan dan respon siswa Thailand terhadap strategi komunikasi yang diterapkan oleh guru bahasa Inggris pra jabatan. Hasil menunjukkan bahwa guru bahasa Inggris pra-jabatan menggunakan lima jenis strategi komunikasi ketika berkomunikasi di kelas dengan siswa Thailand, yaitu terjemahan literal strategi, strategi non-linguistik, strategi pemeriksaan konfirmasi, strategi pemeriksaan pemahaman, dan strategi alih kode. Para siswa memberikan tanggapan positif dan negatif terhadap lima strategi komunikasi yang digunakan oleh guru bahasa Inggris pra-jabatan. Kesimpulannya, siswa dari dua kelas Program Bahasa Inggris yaitu 1/2 dan 2/3 memberikan respon positif terhadap lima strategi komunikasi yang digunakan oleh guru bahasa Inggris pra-jabatan dalam kegiatan belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J24232 |
Uncontrolled Keywords: | Communication Strategies, Foreign National Students Intern Program (FNSIP), Pre-Service English Teacher, Students’ Responses |
Subjects: | E > E312 English language Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mrs Sekar Larasati |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 00:58 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 00:58 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/29263 |
Actions (login required)
View Item |