NUGRAHA, Aditiya (2024) Usaha Pemenuhan Kebutuhan Karakter Mafuyu pada Game Project Sekai (Analisis Teori Kepribadian ‘Marxian’ Erich Fromm). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Aditiya Nugraha-J1C019041-Skripsi-2024.pdf Download (398kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Aditiya Nugraha-J1C019041-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 26 August 2025. Download (180kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Aditiya Nugraha-J1C019041-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 26 August 2025. Download (322kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Aditiya Nugraha-J1C019041-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 26 August 2025. Download (89kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Aditiya Nugraha-J1C019041-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Aditiya Nugraha-J1C019041-Skripsi-2024.pdf Download (142kB) |
|
PDF (Cover)
COVER-Aditiya Nugraha-J1C019041-Skripsi-2024.pdf Download (177kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Aditiya Nugraha-J1C019041-Skripsi-2024.pdf Download (329kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Aditiya Nugraha-J1C019041-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Aditiya Nugraha-J1C019041-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konflik psikis dalam upaya yang dialami karakter Mafuyu untuk memenuhi kebutuhan manusianya dalam game Project Sekai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra. Sumber data dalam penelitian ini adalah game Project Sekai Colourfull Stage Feat. Hatsune Miku yang dikembangkan SEGA dan Colorful Palette. Data pada penelitian ini berupa teks dialog atau percakapan karakter Mafuyu yang merepresentasikan kepribadian marxian Erich Fromm. Data diperoleh melalui teknik simak catat dan dianalisis menggunakan teknik analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 22 data upaya pemenuhan kebutuhan manusia karakter Mafuyu. Kebutuhan keterhubungan 2 data, kebutuhan keberakaran 3 data, kebutuhan menjadi pencipta 1 data, kebutuhan kesatuan 1 data, kebutuhan identitas 4 data, kebutuhan kerangka kesetiaan 2 data, dan kebutuhan keefektifan 1 data. Mekanisme pelarian diri dari kebebasan otoritarianisme 3 data, perusakan 2 data, penyesuaian 3 data. Kesimpulan dari penelitian ini adalah upaya yang dilakukan karakter Mafuyu untuk memenuhi kebutuhan manusianya tidak sepenuhnya berhasil sehingga mendorong karakter Mafuyu untuk melakukan mekanisme pelarian diri kebebasan dan mempengaruhi perilaku serta kepribadian karakter Mafuyu.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J24231 |
Uncontrolled Keywords: | Project Sekai, Erich Fromm, Kebutuhan Manusia |
Subjects: | J > J11 Japanese language |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Bahasa dan Sastra Jepang |
Depositing User: | Mrs Aditiya Nugraha |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 01:15 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 01:15 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/29380 |
Actions (login required)
View Item |