ARDIANSYAH, Muhammad Fadly (2024) Implementasi Metode Speech Application Programming Interface dalam Speech Recognition pada Game Endless Runner Berbasis Desktop. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Muhammad Fadly Ardiansyah-H1D020071-Skripsi-2024.pdf Download (40kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Muhammad Fadly Ardiansyah-H1D020071-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Muhammad Fadly Ardiansyah-H1D020071-Skripsi-2024.pdf Download (47kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Muhammad Fadly Ardiansyah-H1D020071-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 27 August 2025. Download (61kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Muhammad Fadly Ardiansyah-H1D020071-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 27 August 2025. Download (407kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Muhammad Fadly Ardiansyah-H1D020071-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 27 August 2025. Download (136kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Muhammad Fadly Ardiansyah-H1D020071-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Muhammad Fadly Ardiansyah-H1D020071-Skripsi-2024.pdf Download (109kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Muhammad Fadly Ardiansyah-H1D020071-Skripsi-2024.pdf Download (168kB) |
Abstract
Meskipun teknologi video game telah berkembang pesat, anak-anak dengan disabilitas, khususnya tuna daksa, sering menghadapi kesulitan dalam mengakses dan berinteraksi dengan game digital karena keterbatasan motorik mereka. Genre game endless runner, yang menuntut pemain untuk terus bergerak sambil menghindari rintangan, menambah tantangan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan teknologi Speech Application Programming Interface (SAPI) dalam pengembangan game endless runner dengan menggunakan metodologi Game Development Life Cycle (GDLC). Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan pengalaman bermain game bagi semua pemain, termasuk mereka yang memiliki disabilitas, dengan cara merancang dan mengembangkan game yang memanfaatkan pengenalan suara untuk kontrol karakter, serta mengevaluasi efek penerapan metode SAPI pada aspek functionality dan usability game. Penelitian ini menggunakan pendekatan GDLC yang mencakup tahap perencanaan, perancangan, pengembangan, uji coba, dan distribusi, serta mengimplementasikan teknologi SAPI untuk pengenalan perintah suara dalam Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game endless runner yang dikembangkan, mencapai rata-rata nilai functionality sebesar 85% dan usability sebesar 88%, mengindikasikan performa yang baik dalam hal fungsionalitas dan kegunaan, serta memberikan pengalaman bermain yang nyaman dan memuaskan. Penelitian ini membuktikan bahwa penerapan teknologi pengenalan suara dapat meningkatkan aksesibilitas dan interaktivitas game, menjadikannya lebih ramah untuk pemain dengan disabilitas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H24332 |
Uncontrolled Keywords: | Game, Speech Recognition, SAPI, GDLC |
Subjects: | C > C679 Computer games D > D197 Disabilities |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | Mr Muhammad Fadly Ardiansyah |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 01:21 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 01:06 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/29507 |
Actions (login required)
View Item |