FEBIANISARI, Nadhira (2017) Strategi komunikasi yayasan alzheimer Indonesia cabang Yogyakarta dalam kampanye awareness raising “Jangan Maklum dengan Pikun”. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
Cover_1.pdf Download (162kB) | Preview |
|
PDF (Legalitas)
Legalitas dan bagian awal TA_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (478kB) |
||
|
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf Download (291kB) | Preview |
|
PDF (BabI)
Bab.I_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) |
||
PDF (BabII)
Bab.II_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (526kB) |
||
PDF (BabIII)
Bab.III_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
||
PDF (BabIV)
Bab.IV_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (BabV)
Bab.V_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
|
PDF (Daftarpustaka)
Daftar pustaka_1.pdf Download (247kB) | Preview |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (827kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul Yayasan Alzheimer Indonesia Cabang Yogyakarta Dalam Kampanye Awareness Raising “Jangan Maklum Dengan Pikun”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi Yayasan Alzheimer Indonesia dalam kegiatan kampanye untuk peningkatan kesadaran dan pemahaman mengenai alzheimer di masyarakat kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah relawan Yayasan Alzheimer Indonesia cabang Yogyakarta yang terlibat dalam strategi komunikasi kampanye “Jangan Maklum Dengan Pikun” yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model analisis interaktif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang digunakan Yayasan Alzheimer Indonesia cabang Yogyakarta dalam kegiatan kampanye awareness raising adalah melalui pemilihan sasaran kampanye dan komunikator penyampai pesan mengenai alzheimer, meningkatkan pemahaman melalui kegiatan memory walk, caregiver meeting, bedah film, pembuatan artikel informatif, dan penyediaan narasumber untuk kegiatan seminar, pemanfaatan media melalui poster, banner, TV, radio, film, website, dan facebook. Hambatan yang mucul dalam proses strategi tersebut adalah hambatan semantik, yaitu adanya perbedaan pemahaman mengenai beberapa istilah medis yang digunakan dalam kegiatan kampanye.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F17289 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi komunikasi, kampanye, alzheimer, awareness raising |
Subjects: | C > C631 Communication C > C648 Community life |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mrs Endang Kasworini |
Date Deposited: | 30 Jul 2020 02:10 |
Last Modified: | 30 Jul 2020 02:10 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/2976 |
Actions (login required)
View Item |