ARISTA, Fionna Ayu (2024) Pengaruh Literasi Digital, Komunikasi Interpersonal, dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Fionna Ayu Arista-C1L020025-Skripsi-2024.pdf Download (115kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Fionna Ayu Arista-C1L020025-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (423kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Fionna Ayu Arista-C1L020025-Skripsi-2024.pdf Download (64kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Fionna Ayu Arista-C1L020025-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 20 November 2025. Download (280kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Fionna Ayu Arista-C1L020025-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 20 November 2025. Download (235kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Fionna Ayu Arista-C1L020025-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 20 November 2025. Download (244kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Fionna Ayu Arista-C1L020025-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Fionna Ayu Arista-C1L020025-Skripsi-2024.pdf Download (66kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Fionna Ayu Arista-C1L020025-Skripsi-2024.pdf Download (241kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Fionna Ayu Arista-C1L020025-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Sidareja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi digital, komunikasi interpersonal, dan kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Sidareja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini merupakan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sidareja tahun ajaran 2023/2024 yang memperoleh mata pelajaran ekonomi sebanyak 249 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik proportional random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 151 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa: (1) literasi digital berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis; (2) komunikasi interpersonal berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis; (3) kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis. Implikasi dari penelitian ini diharapkan: (1) penelitian ini dapat memberikan wawasan mendalam mengenai pengaruh literasi digital, komunikasi interpersonal, dan kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran ekonomi, serta dapat menjadi referensi untuk strategi pengajaran yang lebih efektif; (2) siswa mendapatkan wawasan tentang pentingnya literasi digital, komunikasi interpersonal, dan kemandirian belajar dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis, terutama dalam mata pelajaran ekonomi; (3) sekolah memperoleh rekomendasi untuk mengintegrasikan literasi digital, komunikasi interpersonal, dan kemandirian belajar ke dalam kurikulum guna mendukung pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa; (4) peneliti selanjutnya mendapatkan referensi untuk memperdalam atau memperluas kajian terkait pengaruh literasi digital, komunikasi interpersonal, dan kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dari hasil penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C24492 |
Uncontrolled Keywords: | Literasi Digital, Komunikasi Interpersonal, Kemandirian Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | S > S774 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Fionna Ayu Arista |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 08:53 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 08:53 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/30573 |
Actions (login required)
View Item |