Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Efektivitas Model Pembelajaran Teams Game Tournament Berbantuan Teka-Teki Silang terhadap Berpikir Kritis dan Kreativitas Siswa Kelas XI SMAN 3 Purwokerto

HASANAH, Umri Qowiyah Banaa (2024) Efektivitas Model Pembelajaran Teams Game Tournament Berbantuan Teka-Teki Silang terhadap Berpikir Kritis dan Kreativitas Siswa Kelas XI SMAN 3 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Umri Qowiyah Banaa Hasanah-C1L020028-Skripsi-2024.pdf

Download (135kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Umri Qowiyah Banaa Hasanah-C1L020028-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Umri Qowiyah Banaa Hasanah-C1L020028-Skripsi-2024.pdf

Download (840kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Umri Qowiyah Banaa Hasanah-C1L020028-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 November 2025.

Download (3MB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Umri Qowiyah Banaa Hasanah-C1L020028-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Registered users only until 21 November 2025.

Download (6MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Umri Qowiyah Banaa Hasanah-C1L020028-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 November 2025.

Download (3MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Umri Qowiyah Banaa Hasanah-C1L020028-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Umri Qowiyah Banaa Hasanah-C1L020028-Skripsi-2024.pdf

Download (416kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Umri Qowiyah Banaa Hasanah-C1L020028-Skripsi-2024.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Umri Qowiyah Banaa Hasanah-C1L020028-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji apakah model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan Teka-Teki Silang (TTS) efektif terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreativitas siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Purwokerto tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif quasi experimental design dengan nonequivalent control group design yang pada proses penelitian menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 98 siswa yang merupakan jumlah keseluruhan siswa kelas XI-F3 atau jurusan ekonomi di SMAN 3 Purwokerto tahun pelajaran 2024/2025. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Purposive Sampling dimana untuk menentukan sampel didasarkan atas kriteria-kriteria tertentu yang sudah ditentukan. Oleh karena itu, sampel dalam penelitian ini diperoleh 66 responden yang terdiri dari siswa kelas XI-F3A sebagai kelas kontrol dan kelas XI-F3B sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dengan menggunakan uji independent sample t-test diperoleh: (1) pada variabel berpikir kritis nilai thitung 6,192 > ttabel 1,99962 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 pada aspek kognitif dan nilai thitung 2,958 > ttabel 2,00404 dengan signifikansi 0,005 < 0,05 pada aspek afektif, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran teams games tournament berbantuan media teka-teki silang efektif terhadap kemampuan berpikir kritis baik pada aspek kognitif maupun afektif siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi. (2) pada variabel kreativitas nilai thitung 4,822 > ttabel 1,99962 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 pada aspek kognitif dan nilai thitung 4,050 > ttabel 1,99834 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 pada aspek afektif, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran teams games tournament berbantuan media teka-teki silang efektif terhadap kemampuan kreativitas siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 3 Purwokerto. Kata Kunci: Model Pembelajaran Teams Games Tournament, Teka-Teki Silang, Berpikir Kritis, dan Kreativitas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C24496
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Teams Games Tournament, Teka-Teki Silang, Berpikir Kritis, dan Kreativitas
Subjects: C > C927 Creative activities
C > C969 Critical thinking
L > L89 Learning and scholarship
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Umri Qowiyah Banaa Hasanah
Date Deposited: 21 Nov 2024 08:39
Last Modified: 21 Nov 2024 08:39
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/30660

Actions (login required)

View Item View Item