SETIANI, Weny (2024) The Implementation of YouTube in Learning Writing Procedure Text at Tenth Grade Students of MA Muhammadiyah Pekuncen in Academic Year of 2023/2024. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Weny Setiani-J1E019034-Skripsi-2024.pdf Download (127kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Weny Setiani-J1E019034-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (504kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Weny Setiani-J1E019034-Skripsi-2024.pdf Download (272kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Weny Setiani-J1E019034-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 22 November 2025. Download (246kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Weny Setiani-J1E019034-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 22 November 2025. Download (297kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Weny Setiani-J1E019034-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 22 November 2025. Download (284kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Weny Setiani-J1E019034-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (687kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Weny Setiani-J1E019034-Skripsi-2024.pdf Download (182kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Weny Setiani-J1E019034-Skripsi-2024.pdf Download (208kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Weny Setiani-J1E019034-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
YouTube sebagai salah satu bentuk perkembangan teknologi telah mempengaruhi proses belajar Bahasa Inggris. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengimplementasian, sudut pandang siswa, dan masalah yang dihadapi siswa dalam penggunaan YouTube sebagai media pembelajaran dalam menulis teks prosedur untuk kelas X di MA Muhammadiyah Pekuncen. Metode deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan melibatkan 13 orang siswa dan 1 guru Bahasa Inggris. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalan observasi, kuesioner, dan wawancara. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa pengimplementasian YouTube sebagai media belajar menulis teks prosedur dapat dilakukan melalui 8 langkah dasar yaitu pemilihan video, memberikan panduan untuk siswa, memberikan pengantar video, memutar video, memutar ulang atau menjeda video, memberi siswa waktu untuk berfikir dan refleksi terkait dengan video, kegiatan pembelajaran aktif yaitu menulis teks prosedur, dan diskusi. Siswa juga menemukan beberapa manfaat seperti meningkatkan pemahaman materi, menambah kosa kata, meningkatkan keterampilan menulis, serta meningkatkan partisipasi dan motivasi siswa. Namun, dalam penggunaannya guru juga menemukan masalah yang dialami oleh siswa dalam menggunakan YouTube untuk belajar menulis teks prosedur. Beberapa diantaranya berkaitan dengan kemampuan bahasa siswa seperti kurangnya pemahaman kosa kata dan bantuan guru untuk menjelaskan ulang, serta masalah teknis.berkaitan dengan fasilitas dan perangkat yang kurang memadai. Kesimpulannya, pengimplementasian YouTube untuk belajar menulis prosedur teks sudah berjalan dengan baik. Namun, perlu dilakukan peningkatan dan antisipasi dalam beberapa hal supaya pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J24289 |
Uncontrolled Keywords: | menulis, teks prosedur, YouTube |
Subjects: | W > W234 Writing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mrs Weny Setiani |
Date Deposited: | 22 Nov 2024 07:05 |
Last Modified: | 22 Nov 2024 07:05 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/30707 |
Actions (login required)
View Item |