Penerapan pelayanan prima pada pelayanan kesehatan di Puskesmas 1 Cilongok Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas (studi pada pelayanan rawat jalan)

HENDRIYA, Lukman (2017) Penerapan pelayanan prima pada pelayanan kesehatan di Puskesmas 1 Cilongok Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas (studi pada pelayanan rawat jalan). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas dan bagian awal TA_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (787kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (787kB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Daftarpustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
LAmpiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pelayanan kesehatan merupakan salah satu bentuk pelayanan publik.Pelayanan kesehatan diperlukan untuk menjamin kesehatan masyarakat denganmemanfaatkan fasilitas kesehatan yang telah disediakan oleh pemerintah, salahsatu benntuk fasilitas kesehatan yang disediakan oleh pemerintah adalahPuskesmas. Puskesmas dalam memberikan pelayanannya dituntut untuk selalumenerapkan pelayanan yang prima.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pelayananprima pada pelayanan kesehatan di Puskesmas 1 Cilongok Kecamatan CilongokKabupaten Banyumas (Studi pada pelayanan rawat jalan). Jenis penelitian iniadalah kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitukuesioner, dokumentasi, dan observasi. Teknik pengambilan sampel yangdigunakan yaitu accidental sampling dan untuk analisis menggunakan distribusifrekuensi, mean, dan tabulasi silang.Berdasarkan hasil analisi terhadap 6 dimensi pelayanan prima, dimensikemampuan memiliki rata-rata 16,30, dimensi sikap memiliki rata-rata 20,18,dimensi penampilan memiliki rata-rata 12,56, dimensi perhatian memiliki ratarata11,46, dimensi tindakan memiliki rata-rata 19,88, dan dimensi tanggungjawab memiliki rata-rata 10,97.Hasil penelitian menunjukan bahwa sebanyak 53%responden menyatakansecara keseluruan penerapan pelayanan prima pada pelayanan kesehatan diPuskesmas 1 Cilongok termasuk kedalam kategori sedang dengan perolehan nilairata-rata sebesar 91,35. Hal ini menunjukan bahwa penerapan pelayanan prima diPuskesmas 1 Cilongok masih belum optimal, dilihat dari dimensi perhatian dantanggung jawab masuk kedalam kategori rendah, dimensi penampilan dantindakan masuk kedalam kategori sedang, dan dimensi kemampuan dan sikapmasuk kedalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F17416
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Pelayanan Prima, Pelayanan Kesehatan
Subjects: C > C1020 Customer services
P > P651 Public utilities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Mrs Endang Kasworini
Date Deposited: 10 Aug 2020 02:19
Last Modified: 10 Aug 2020 02:19
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/3074

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year