LAILLITA, Sabrina Nur (2024) Implementasi Market Basket Analysis Menggunakan Algoritma Frequent Pattern Growth (FP-Growth) Berbasis Website pada Data Penjualan CV Indo Java Land. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Sabrina Nur Laillita-H1D019052-Skripsi-2024.pdf Download (146kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Sabrina Nur Laillita-H1D019052-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Sabrina Nur Laillita-H1D019052-Skripsi-2024.pdf Download (263kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Sabrina Nur Laillita-H1D019052-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 28 November 2025. Download (215kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Sabrina Nur Laillita-H1D019052-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 28 November 2025. Download (373kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Sabrina Nur Laillita-H1D019052-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 28 November 2025. Download (243kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Sabrina Nur Laillita-H1D019052-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Sabrina Nur Laillita-H1D019052-Skripsi-2024.pdf Download (211kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Sabrina Nur Laillita-H1D019052-Skripsi-2024.pdf Download (213kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Sabrina Nur Laillita-H1D019052-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (773kB) |
Abstract
Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik, jumlah perusahaan minuman berskala kecil di Indonesia pada tahun 2022 meningkat sebesar 199% dari tahun 2021. CV Indo Java Land berkeinginan untuk mengembangkan bisnisnya dengan memiliki pemahaman preferensi target pasar. Tiap produk yang diproduksi oleh CV Indo Java Land memiliki banyak varian. Hal ini menimbulkan pertanyaan, variasi apa saja yang menjadi kegemaran pelanggan, dan apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan. Salah satu cara untuk mendapatkan wawasan ini adalah melalui analisis keranjang belanja atau Market Basket Analysis. Penelitian ini menggunakan algoritma Frequent Pattern Growth dan Python sebagai bahasa pemrograman dan pengembangan web dengan Streamlit. Penelitian ini berhasil menghasilkan aturan asosiasi yang dapat dimanfaatkan oleh analis data sebagai sistem pendukung keputusan dalam menentukan paket promo barang, didapatkan 30 aturan asosiasi dengan nilai minimum support 0,01, confidence 0,1, dan lift 1. Dan sebanyak 16 aturan asosiasi dengan konfigurasi nilai minimum support 0,01, confidence 0,2, dan lift 1.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H24411 |
Uncontrolled Keywords: | Data Penjualan, Frequent Pattern Growth, Market Basket Analysis |
Subjects: | B > B117 Beverage industry M > M80 Marketing |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | Mrs Sabrina Nur Laillita |
Date Deposited: | 28 Nov 2024 04:45 |
Last Modified: | 28 Nov 2024 04:45 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/30843 |
Actions (login required)
View Item |