Upaya nation branding Brazil melalui momentum penyelenggaraan piala dunia 2014

SUHARSONO, Fadil Abdila (2017) Upaya nation branding Brazil melalui momentum penyelenggaraan piala dunia 2014. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (103kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas dan bagian awal TA_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (101kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img]
Preview
PDF (Daftarpustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (250kB) | Preview

Abstract

Pemerintah Brazil menyadari bahwa penyelenggaraan Piala Dunia 2014 akan menarik minat masyarakat khususnya masyarakat internasional untuk berkunjung ke Brazil. Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh pada meningkatnya jumlah kedatangan wisatawan asing ke Brazil. Oleh sebab itu Pemerintah Brazil melalui Kementerian Pariwisata merancang suatu rencana strategis dalam meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Brazil, yaitu Aquarela Plan 2020. Salah satu tujuan yang ingin dicapai oleh Pemerintah Brazil pada Aquarela Plan 2020 yaitu untuk memenuhi target kunjungan wisatawan asing dengan memanfaatkan penyelenggaraan Piala Dunia 2014. Kesempatan untuk menyelenggarakan event olahraga berskala global seperti ini selalu memiliki resiko yang pada dasarnya akan merusak citra suatu negara daripada meningkatkannya, dan dalam kasus Brazil, nation branding yang sukses dilakukan Brazil melalui Piala Dunia 2014 berarti akan menciptakan suatu brand yang positif. Ini adalah kesempatan nation branding yang tidak hanya akan membuktikan Brazil sebagai pemain dalam dunia ekonomi dan pelaku perdagangan, namun kedepannya akan mampu meningkatkan pariwisata yang berjangka panjang. Di Brazil, wacana mengenai nation branding sudah ada sejak tahun 2007 pada saat Brazil terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia 2014 pada proses Bidding Piala Dunia yang diselenggarakan oleh FIFA, serta masuk dalam Aquarela Plan 2020 yang dicanangkan oleh pemerintah Brazil untuk menjadikan Brazil sebagai negara tujuan wisata internasional. Tujuan nation branding adalah untuk meningkatkan citra sebuah negara dan diharapkan mampu menciptakan investasi, turis, penciptaan lapangan kerja dan ekspor, warisan budaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F17430
Uncontrolled Keywords: Brazil, FIFA, Piala Dunia, Aquarela Plan 2020, Nation Branding, Pemerintah, wisatawan.
Subjects: B > B337 Brand name products
C > C1009 Cultural tourism
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Hubungan Internasional
Depositing User: Mrs Endang Kasworini
Date Deposited: 10 Aug 2020 03:56
Last Modified: 10 Aug 2020 03:56
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/3094

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year