SAFITRI, Anisa Najah (2024) Pengaruh Rombongan Belajar, Komunikasi Interpersonal, dan Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Efektivitas Pembelajaran pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS MAN 2 Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Anisa Najah Safitri-C1L019041-Skripsi-2024.pdf Download (111kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Anisa Najah Safitri-C1L019041-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Anisa Najah Safitri-C1L019041-Skripsi-2024.pdf Download (406kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Anisa Najah Safitri-C1L019041-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 17 December 2025. Download (255kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Anisa Najah Safitri-C1L019041-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 17 December 2025. Download (308kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Anisa Najah Safitri-C1L019041-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 17 December 2025. Download (394kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Anisa Najah Safitri-C1L019041-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (638kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Anisa Najah Safitri-C1L019041-Skripsi-2024.pdf Download (106kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Anisa Najah Safitri-C1L019041-Skripsi-2024.pdf Download (353kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Anisa Najah Safitri-C1L019041-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (932kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan terhadap siswa MAN 2 Banyumas kelas XI IPS 1- XI IPS 5. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh rombongan belajar, komunikasi interpersonal, dan model pembelajaran flipped classroom terhadap efektivitas pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS MAN 2 Banyumas. Penelitian ini dilakukan pada Tahun Ajaran 2023/2024 di MAN 2 Banyumas. data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian kali ini adalah siswa kelas XI IPS 1 – 5 MAN 2 Banyumas dengan total 220 siswa. Sampel yang digunakan berjumlah 142 responden dengan menggunakan teknik cluster random sampling, sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji linearitas, regresi linear berganda, koefisien determinasi, uji statistik F dan uji statistik t. Data kuesioner yang diperoleh ditransformasikan menjadi data interval menggunakan Metode Successive Interval (MSI). Hasil penelitian dan analisis data menunjukan bahwa: (1) Rombongan belajar tidak berpengaruh positif terhadap efektivitas pembelajaran; (2) Komunikasi interpersonal berpengaruh positif secara signifikan terhadap efektivitas pembelajaran; (3) Model pembelajaran flipped classroom berpengaruh positif secara signifikan terhadap efektivitas pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini yaitu diharapkan sekolah dapat meningkatkan guru yang kompeten dalam mengajar dengan memperhatikan penerapan model pembelajaran maupun media yang digunakan. Selain itu sekolah dapat meningkatkan kenyamanan terhadap setiap ruang kelas agar siswa dapat fokus dalam proses pembelajaran sehingga terciptanya pembelajaran yang efektif. Guru dan siswa dapat meningkatkan komunikasi interpersonal guna mengetahui setiap karakteristik siswa dan meningkatkan keakraban antar guru dan siswa sehingga proses pembelajaran berjalan lebih menyenangkan. Penggunaan model pembelajaran flipped classroom terus ditingkatkan agar efektifitas pembelajaran dapat tercapai, selain itu siswa harus lebih sering belajar mandiri di rumah sebelum belajar di kelas untuk meningkatkan efisiensi waktu.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C24508 |
Uncontrolled Keywords: | Rombongan Belajar, Komunikasi Interpersonal, Model Pembelajaran Flipped Classroom, Efektivitas Pembelajaran. |
Subjects: | C > C716 Concept learning E > E49 Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs. Anisa Najah Safitri |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 00:47 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 06:36 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/31023 |
Actions (login required)
View Item |