Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial, Konformitas Teman Sebaya, dan Student Burnout terhadap Prokrastinasi Akademik dengan Kontrol Diri sebagai Variabel Moderasi

MERLIYANTI, Evi Tri (2024) Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial, Konformitas Teman Sebaya, dan Student Burnout terhadap Prokrastinasi Akademik dengan Kontrol Diri sebagai Variabel Moderasi. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Evi Tri Merliyanti-C1L020001-Skripsi-2024.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Evi Tri Merliyanti-C1L020001-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Evi Tri Merliyanti-C1L020001-Skripsi-2024.pdf

Download (105kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Evi Tri Merliyanti-C1L020001-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 December 2025.

Download (267kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Evi Tri Merliyanti-C1L020001-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 December 2025.

Download (186kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Evi Tri Merliyanti-C1L020001-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 December 2025.

Download (523kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Evi Tri Merliyanti-C1L020001-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (781kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Evi Tri Merliyanti-C1L020001-Skripsi-2024.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Evi Tri Merliyanti-C1L020001-Skripsi-2024.pdf

Download (514kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Evi Tri Merliyanti-C1L020001-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode survei pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jatilawang yang mendapatkan mata pelajaran ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaan media sosial, konformitas teman sebaya, student burnout terhadap prokrastinasi akademik dengan kontrol diri sebagai moderasi. Penelitian ini dilakukan pada Tahun Ajaran 2023/2024 di SMA Negeri 1 Jatilawang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jatilawang yang mendapatkan mata pelajaran ekonomi. Jumlah responden yang diambil sebanyak 124 responden. Metode proportional random sampling digunakan dalam penentuan responden., sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, koeifisien determinan, regresi linear berganda, regresi moderasi, uji statistik F dan uji statistik t. Data kuesioner penelitian yang diperoleh ditransormasikan menjadi data interval dengan menggunakan Metode Succesive Interval (MSI). Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis menggunakan SPSS 26 menunjukkan bahwa (1) Intensitas penggunaan media sosial berpengaruh positif terhadap prokrastinasi akademik, (2) Konformitas teman sebaya tidak berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik, (3) Student burnout berpengaruh positif terhadap prokrastinasi akademik, (4) Kontrol diri tidak mampu memoderasi pengaruh intensitas penggunaan media sosial terhadap prokrastinasi akademik, (5) Kontrol diri tidak mampu memoderasi pengaruh konformitas teman sebaya terhadap prokrastinasi akademik, (6) Kontrol diri tidak mampu memoderasi pengaruh student burnout terhadap prokrastinasi akademik. Implikasi dari penelitian ini yaitu pihak sekolah menekankan kembali pemberlakuan peraturan terkait penggunaan media sosial di ruang kelas saat proses pembelajaran, guru memaksimalkan model pembelajaran kooperatif serta pemberian tugas secara proporsional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C24509
Uncontrolled Keywords: Intensitas penggunaan media sosial, konformitas teman sebaya, student burnout, kontrol diri, prokrastinasi akademik
Subjects: A > A19 Academic achievement
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs. Evi Tri Merliyanti
Date Deposited: 17 Dec 2024 00:51
Last Modified: 17 Dec 2024 00:51
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/31024

Actions (login required)

View Item View Item