Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Kualitas Layanan Administrasi Pertanahan Melalui Sistem Online (Studi Kasus Pelayanan Hak Tanggungan Elektronik (HT-El)) Di Kantor Pertanahan Kabupaten Purbalingga

SHENGGHAN, Vexella (2025) Kualitas Layanan Administrasi Pertanahan Melalui Sistem Online (Studi Kasus Pelayanan Hak Tanggungan Elektronik (HT-El)) Di Kantor Pertanahan Kabupaten Purbalingga. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Vexella Shengghan-F1B021115-Skripsi-2025.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Vexella Shengghan-F1B021115-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Vexella Shengghan-F1B021115-Skripsi-2025.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Vexella Shengghan-F1B021115-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Vexella Shengghan-F1B021115-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Vexella Shengghan-F1B021115-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Vexella Shengghan-F1B021115-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (813kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Vexella Shengghan-F1B021115-Skripsi-2025.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Vexella Shengghan-F1B021115-Skripsi-2025.pdf

Download (315kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Vexella Shengghan-F1B021115-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (751kB)

Abstract

Penggunaan HT-El diharapkan dapat mengatasi berbagai kendala yang sebelumnya muncul dalam proses pendaftaran manual. Program ini dirancang untuk mengikuti perkembangan teknologi serta memenuhi standar kualitas pelayanan publik yang lebih baik. Dengan diterapkannya HT-El pada 8 Juni 2020, proses administrasi menjadi lebih cepat dan efektif karena tidak lagi menggunakan metode manual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang bersifat subjektif dan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari individu dan perilaku yang diamati secara langsung. Penelitian ini dilakukan di Kantor Pertanahan Kabupaten Purbalingga. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Sampling dan Snowball Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dan memastikan bahwa sistem pelayanan Hak Tanggungan Elektronik di Kantor Pertanahan Kabupaten Purbalingga telah memenuhi kebutuhan pengguna, terutama dalam hal kecepatan proses input dan pendaftaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem HT-El yang dikembangkan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Purbalingga mendapatkan respons yang positif dari masyarakat. Sistem ini dinilai efisien dan mampu memenuhi kebutuhan publik, yang dibuktikan melalui parameter Berwujud (Tangibles), Daya Tangkap (Responsiveness), Kehandalan (Reliability), dan Empati (Empathy). Namun, diperlukan penambahan jumlah pegawai yang mengelola HT-El agar pelayanan dapat berjalan lebih efisien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F25058
Uncontrolled Keywords: Hak Tanggungan, Elektronik, Publik, Pelayanan
Subjects: P > P647 Public service commissions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mrs Vexella Shengghan
Date Deposited: 23 Jan 2025 03:55
Last Modified: 23 Jan 2025 03:55
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/31662

Actions (login required)

View Item View Item