ALAM, Firdaus Dzikrul (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Kelas XI Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 3 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Firdaus Dzikrul Alam-C1L020047-Skripsi-2025.pdf.pdf Download (371kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Firdaus Dzikrul Alam-C1L020047-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Firdaus Dzikrul Alam-C1L020047-Skripsi-2025.pdf.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB-I-Firdaus Dzikrul Alam-C1L020047-Skripsi-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only until 3 February 2026. Download (4MB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-Firdaus Dzikrul Alam-C1L020047-Skripsi-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only until 3 February 2026. Download (10MB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Firdaus Dzikrul Alam-C1L020047-Skripsi-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only until 3 February 2026. Download (4MB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Firdaus Dzikrul Alam-C1L020047-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB-V-Firdaus Dzikrul Alam-C1L020047-Skripsi-2025.pdf.pdf Download (829kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Firdaus Dzikrul Alam-C1L020047-Skripsi-2025.pdf.pdf Download (3MB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Firdaus Dzikrul Alam-C1L020047-Skripsi-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Sampel penelitian ini ditentukan melalui teknik purposive sampling berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan keaktifan antara peserta didik yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan peserta didik yang menerapkan model pembelajaran konvensional; (2) Terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang menrapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan peserta didik yang menerapkan model pembelajaran konvensional; (3) Peserta didik yang menerapakan model STAD memiliki nilai keaktifan belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang menerapkan model konvensional; (4) Peserta didik yang menerapakan model STAD memiliki nilai hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang menerapkan model konvensional. Implikasi pada penelitian ini yaitu: Sekolah dan pendidik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan memilih model pembelajaran yang menarik dan tidak mononton, seperti model pembelajaran STAD, dapat terdorong untuk berpastisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran melalui model pembelajaran STAD. Guru dapat menerapkan model pembelajran STAD terutama pada materi Kesenjangan Ekonomi untuk meningkatkan rasa percaya diri serta mencapai keaktifan peserta didik dan meningkatkan hasil belajar peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | C25130 |
| Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif, Student Team Achievement Division, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar |
| Subjects: | S > S774 Study and teaching |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | Mr. Firdaus Dzikrul Alam |
| Date Deposited: | 03 Feb 2025 00:53 |
| Last Modified: | 03 Feb 2025 00:53 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/31845 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
