NURVITASARI, Faadhilah (2025) Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Diabetes Melitus di Puskesmas Lumbir Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
![]() |
PDF (Cover)
COVER-Faadhilah Nurvitasari-I1A021012-Skripsi-2025.pdf Download (78kB) |
![]() |
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Faadhilah Nurvitasari-I1A021012-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (508kB) |
![]() |
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Faadhilah Nurvitasari-I1A021012-Skripsi-2025.pdf Download (259kB) |
![]() |
PDF (BabI)
BAB-I-Faadhilah Nurvitasari-I1A021012-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 4 February 2026. Download (288kB) |
![]() |
PDF (BabII)
BAB-II-Faadhilah Nurvitasari-I1A021012-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 4 February 2026. Download (288kB) |
![]() |
PDF (BabIII)
BAB-III-Faadhilah Nurvitasari-I1A021012-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 4 February 2026. Download (381kB) |
![]() |
PDF (BabIV)
BAB-IV-Faadhilah Nurvitasari-I1A021012-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) |
![]() |
PDF (BabV)
BAB-V-Faadhilah Nurvitasari-I1A021012-Skripsi-2025.pdf Download (260kB) |
![]() |
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Faadhilah Nurvitasari-I1A021012-Skripsi-2025.pdf Download (222kB) |
![]() |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Faadhilah Nurvitasari-I1A021012-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang: Diabetes Melitus merupakan penyakit tidak menular dengan prevalensi yang terus meningkat secara global. Tingginya prevalensi DM di Kabupaten Banyumas, khususnya di Puskesmas Lumbir, menuntut peninngkatan kualitas layanan kesehatan. Penurunan kunjungan pasien mengindikasikan adanya tantangan dalam memenuhi harapan dan kepuasan pasien. Metodologi: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross-sectional. Sampel terdiri dari 88 pasien DM yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner berbasis lima dimensi kualitas pelayanan, yaitu kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti nyata. Analisis data dilakukan menggunakan uji chi-square dan uji regresi logistik untuk mengidentifikasi pengaruh signifikan dari dimensi kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kehandalan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien dengan nilai p = 0,030 dan odds ratio (OR) sebesar 4,089. Dimensi jaminan juga berpengaruh signifikan dengan nilai p = 0,031 dan OR sebesar 4,628. Dimensi bukti nyata juga menunjukkan pengaruh terhadap kepuasan pasien dengan nilai p = 0,166 dan OR sebesar 2,392, meskipun pengaruhnya lebih rendah dibandingkan dengan dimensi kehandalan dan jaminan. Secara keseluruhan, dimensi empati dan daya tanggap tidak menunjukkan hubungan signifikan dengan nilai p masing-masing 0,578 dan 0,813. Dengan demikian, tingkat kepuasan pasien DM masih perlu ditingkatkan, terutama pada dimensi bukti nyata yang mencatat tingkat ketidakpuasan tertinggi. Kesimpulan: Kualitas pelayanan di Puskesmas Lumbir berpengaruh terhadap kepuasan pasien DM, terutama pada dimensi kehandalan, jaminan, dan bukti nyata. Sementara dimensi empati dan daya tanggap tidak memiliki pengaruh signifikan. Hal ini menegaskan pentingnya peningkatan kualitas layanan utnuk memenuhi harapan pasien.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | I25093 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Layanan, Kepuasan Pasien, Diabetes Melitus, SERVQUAL |
Subjects: | D > D146 Diabetes J > J56 Job satisfaction |
Divisions: | Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Mrs. Faadhilah Nurvitasari |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 02:25 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 02:25 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/31912 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |