Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Superchat Sebagai Pemenuhan Kebutuhan Palsu Viewers Vtuber Usada Pekora

AZ ZAHRA, Woro Zabrina (2025) Superchat Sebagai Pemenuhan Kebutuhan Palsu Viewers Vtuber Usada Pekora. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
1. COVER_WORO ZABRINA AZ ZAHRA_J1C020005_SKRIPSI 2025.pdf

Download (326kB)
[img] PDF (Legalitas)
2. LEGALITAS_WORO ZABRINA AZ ZAHRA_J1C020005_SKRIPSI 2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
3. ABSTRAK_WORO ZABRINA AZ ZAHRA_J1C020005_SKRIPSI 2025.pdf

Download (485kB)
[img] PDF (BabI)
4. BAB I_WORO ZABRINA AZ ZAHRA_J1C020005_SKRIPSI 2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 February 2026.

Download (717kB)
[img] PDF (BabII)
5. BAB II_WORO ZABRINA AZ ZAHRA_J1C020005_SKRIPSI 2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 February 2026.

Download (451kB)
[img] PDF (BabIII)
6. BAB III_WORO ZABRINA AZ ZAHRA_J1C020005_SKRIPSI 2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 February 2026.

Download (536kB)
[img] PDF (BabIV)
7. BAB IV_WORO ZABRINA AZ ZAHRA_J1C020005_SKRIPSI 2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
8. BAB V_WORO ZABRINA AZ ZAHRA_J1C020005_SKRIPSI 2025.pdf

Download (208kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA_WORO ZABRINA AZ ZAHRA_J1C020005_SKRIPSI 2025.pdf

Download (512kB)

Abstract

Penelitian ini membahas fenomena perilaku konsumtif yang terjadi pada penonton Virtual YouTuber (VTuber) Usada Pekora melalui fitur donasi Superchat di platform YouTube. Dengan menggunakan teori kebutuhan palsu dari Herbert Marcuse, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana interaksi digital dan kemajuan teknologi menciptakan ilusi kebutuhan yang tidak mendasar, tetapi dianggap penting oleh individu. Superchat menjadi alat yang mendorong perilaku konsumtif penonton untuk mendapatkan validasi dan perhatian dari sang kreator, Usada Pekora. Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan untuk mengamati pola konsumsi melalui donasi Superchat dalam sesi livestreaming Usada Pekora. Penelitian ini menemukan bahwa kebutuhan emosional, seperti pengakuan sosial dan hubungan dengan VTuber, memotivasi penonton untuk memberikan donasi, meskipun hal tersebut tidak memberikan manfaat nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku konsumtif ini mencerminkan kebutuhan palsu yang dimanipulasi oleh sistem kapitalisme digital. Penelitian ini menyoroti pentingnya kesadaran kritis dalam menghadapi budaya konsumtif di era digital.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J25027
Uncontrolled Keywords: VTuber, Usada Pekora, Superchat, Kebutuhan Palsu, konsumtif, Herbert Marcuse, interaksi digital.
Subjects: C > C797 Consumption Economics Consumers
I > I141 Information technology
T > T331 Truthfulness and falsehood
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Mrs. Woro Zabrina Az Zahra
Date Deposited: 05 Feb 2025 06:52
Last Modified: 05 Feb 2025 06:52
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/32012

Actions (login required)

View Item View Item