Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Efektivitas Inovasi “KANCIL NARI” (Kantor Imigrasi Cilacap Layanan Prioritas) dalam Pemenuhan Pelayanan Paspor Kelompok Rentan di Kantor Imigrasi Kelas I Cilacap

WIDYA, Widya (2025) Efektivitas Inovasi “KANCIL NARI” (Kantor Imigrasi Cilacap Layanan Prioritas) dalam Pemenuhan Pelayanan Paspor Kelompok Rentan di Kantor Imigrasi Kelas I Cilacap. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Widya-F1B021052-Skripsi-2025.pdf

Download (195kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Widya-F1B021052-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (772kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Widya-F1B021052-Skripsi-2025.pdf

Download (212kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Widya-F1B021052-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 February 2026.

Download (207kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Widya-F1B021052-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 February 2026.

Download (315kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Widya-F1B021052-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 February 2026.

Download (237kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Widya-F1B021052-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (826kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Widya-F1B021052-Skripsi-2025.pdf

Download (201kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Widya-F1B021052-Skripsi-2025.pdf

Download (219kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Widya-F1B021052-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Diskriminasi pelayanan publik yang masih kerap terjadi di Indonesia khususnya bagi masyarakat kategori kelompok rentan, menjadi hambatan penyelenggaraan pelayanan publik berbasis Ramah Hak Asasi Manusia (HAM) yang berperspektif keadilan. Upaya yang dilakukan Kantor Imigrasi Kelas I Cilacap dalam penyelenggaran pelayanan publik ramah HAM salah satunya melalui penerapan Inovasi “Kancil Nari” (Kantor Imigrasi Cilacap Layanan Prioritas). Inovasi “Kancil Nari” juga dikenal dengan layanan prioritas merupakan pelayanan paspor khusus untuk kategori kelompok rentan seperti lansia 60+, balita (0-5 tahun), ibu hamil/ menyusui, dan penyandang disabilitas. Tujuan penelitian untuk mengetahui sejauh mana efektivitas Inovasi “Kancil Nari” dalam pemenuhan pelayanan paspor bagi kelompok rentan. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling dan accidental sampling. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun konsep analisis efektivitas menggunakan pendekatan sistem menurut Jogiyanto (2017) yaitu: Input, Proses, dan Output. Hasil penelitian menunjukan bahwa Inovasi “Kancil Nari” efektif dalam memenuhi pelayanan paspor kategori kelompok rentan. Pada aspek Input, telah terpenuhi dasar hukum layanan, petugas pelaksana khusus, fasilitas layanan, dan SOP pelayanan. Aspek proses, pelayanan yang diberikan telah berjalan sesuai ketentuan. Sedangkan pada aspek Output, layanan prioritas telah dimanfaatkan dengan baik serta menunjukan kepuasan pengguna layanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F25128
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Kelompok Rentan, Layanan Prioritas
Subjects: C > C432 Civil service
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mrs. Widya Widya
Date Deposited: 06 Feb 2025 01:10
Last Modified: 06 Feb 2025 01:10
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/32055

Actions (login required)

View Item View Item