PUTRA, Naufal Rahmadi (2025) Perdagangan Elektronik (E-Commerce) Sebagai Sarana Ekspresi Identitas dan Gaya Hidup (Analisis Perilaku Belanja Online Mahasiswa Fisip Unsoed). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
![]() |
PDF (Cover)
COVER-Naufal Rahmadi Putra-F1A020087-Skripsi-2025.pdf Download (177kB) |
![]() |
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Naufal Rahmadi Putra-F1A020087-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
![]() |
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Naufal Rahmadi Putra-F1A020087-Skripsi-2025.pdf Download (148kB) |
![]() |
PDF (BabI)
BAB-I-Naufal Rahmadi Putra-F1A020087-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 10 February 2026. Download (271kB) |
![]() |
PDF (BabII)
BAB-II-Naufal Rahmadi Putra-F1A020087-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 10 February 2026. Download (327kB) |
![]() |
PDF (BabIII)
BAB-III-Naufal Rahmadi Putra-F1A020087-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 10 February 2026. Download (210kB) |
![]() |
PDF (BabIV)
BAB-IV-Naufal Rahmadi Putra-F1A020087-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (BabV)
BAB-V-Naufal Rahmadi Putra-F1A020087-Skripsi-2025.pdf Download (141kB) |
![]() |
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Naufal Rahmadi Putra-F1A020087-Skripsi-2025.pdf Download (231kB) |
![]() |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Naufal Rahmadi Putra-F1A020087-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (455kB) |
Abstract
Kemunculan internet telah banyak memberikan pengaruh dalam dunia teknologi, ekonomi dan bisnis. E-commerce hadir sebagai solusi yang menawarkan kemudahan, kepraktisan, dan efisiensi, sehingga semakin diminati oleh berbagai kalangan, termasuk mahasiswa. Di FISIP Unsoed, mahasiswa menjadi salah satu kelompok konsumen aktif yang memanfaatkan platform e-commerce, tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, tetapi juga sebagai sarana untuk mengekspresikan identitas dan gaya hidup mereka. Dalam konteks sosial yang terus berkembang, preferensi belanja online di kalangan mahasiswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti diskon, kemudahan dalam bertransaksi, serta tren yang muncul di media sosial. Namun, fenomena ini juga menimbulkan potensi perilaku konsumtif yang dapat berdampak pada kondisi kebiasaan konsumsi mereka. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku belanja online mahasiswa FISIP Unsoed dan memahami bagaimana konsumsi digital menjadi alat untuk mengekspresikan identitas dan gaya hidup mereka. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik purposive sampling dalam pemilihan informan, yakni para mahasiswa FISIP Unsoed yang secara aktif dalam belanja online pada platform Shopee dan/atau Tokopedia. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan menggunakan metode yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa lebih memilih belanja online karena faktor kepraktisan, harga yang lebih murah, variasi produk, serta pengaruh media sosial. Platform e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia menjadi pilihan utama karena menawarkan diskon, promo menarik, dan fitur yang mempermudah transaksi. Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa belanja online bukan sekadar aktivitas konsumtif, tetapi juga menjadi sarana untuk mengekspresikan identitas dan gaya hidup mahasiswa. Pemilihan merek dan jenis produk mencerminkan preferensi pribadi, status sosial, dan tren yang diikuti. Beberapa mahasiswa menggunakan belanja online untuk memperkuat citra diri mereka, baik melalui barang fashion, teknologi, maupun produk kecantikan. Penelitian merekomendasikan agar studi lebih lanjut dapat dilakukan dengan membandingkan ekspresi identitas dalam belanja online antara mahasiswa dari berbagai latar belakang sosial, budaya, dan ekonomi. Selain itu, penelitian mendatang juga dapat difokuskan pada bagaimana mahasiswa mengelola konsumsi di era digital guna menghindari perilaku konsumtif yang berlebihan. Dengan meningkatnya konsumsi berbasis tren media sosial, mahasiswa diharapkan lebih kritis dalam membedakan kebutuhan dan keinginan agar tidak terjebak dalam pola belanja impulsif yang dapat berdampak negatif terhadap kondisi finansial mereka
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F25146 |
Uncontrolled Keywords: | Belanja Online (Online Shopping), Mahasiswa (Collage Students), Identitas (Identity), Gaya Hidup (Lifestyle) |
Subjects: | C > C559 College students E > E167 Electronic commerce L > L230 Lifestyles |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi |
Depositing User: | Mr Naufal Rahmadi Putra |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 01:17 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 01:17 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/32294 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |