Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pembelajaran Menulis Teks Pidato Peserta Didik Kelas VIII G SMP N 1 Purwareja Klampok

MAHARANI, Sekar (2025) Pembelajaran Menulis Teks Pidato Peserta Didik Kelas VIII G SMP N 1 Purwareja Klampok. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Sekar Maharani-J1D020006-Skripsi-2025.pdf

Download (111kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Sekar Maharani-J1D020006-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Sekar Maharani-J1D020006-Skripsi-2025.pdf

Download (132kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Sekar Maharani-J1D020006-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 February 2026.

Download (198kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Sekar Maharani-J1D020006-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 February 2026.

Download (380kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Sekar Maharani-J1D020006-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 February 2026.

Download (310kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Sekar Maharani-J1D020006-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Sekar Maharani-J1D020006-Skripsi-2025.pdf

Download (177kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Sekar Maharani-J1D020006-Skripsi-2025.pdf

Download (230kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Sekar Maharani-J1D020006-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pembelajaran menulis teks pidato di kelas VIII-G SMP Negeri 1 Purwareja Klampok. Berlatar belakang pentingnya pembelajaran menulis teks pidato pada peserta didik kelas VIII SMP. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dan mengetahui proses kemampuan menulis teks pidato peserta didik kelas VIII G SMP Negeri 1 Purwareja Klampok dengan cara mencermati dan memperhatikan proses perencanaan, pelaksanaan, penilaian, kendala, dan upaya yang dilakukan dalam pembelajaran menulis teks pidato di SMP Negeri 1 Purwareja Klampok. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adakah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang terdiri observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa perencanaan yang dilakukan pendidik dalam pembelajaran menulis teks pidato peserta didik kelas VIII-G SMP Negeri 1 Purwareja Klampok adalah menyusun modul ajar yang berisi informasi umum, capaian pembelajaran dan tujuan pembelajaran, kompeten inti. Pelaksanaan pembelajaran dilalukan melalui tahap awal kegiatan, inti, dan penutup. Asesmen formatif yang digunakan oleh pendidik dalam bentuk tugas menulis teks prosedur. Pendidik mengalami kendala dalam meyusun perencanaan, pelaksanaan pembelajaran menulis teks pidato, dan asesmen. Solusi yang dilakukan oleh pendidik adalah melakukan evaluasi diri atau refleksi agar dalam proses pembelajaran selanjutnya dapat lebih efektif dan sesuai dengan yang telah di tetapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J25063
Uncontrolled Keywords: menulis, pembelajaran, teks pidato
Subjects: C > C716 Concept learning
S > S581 Speech
W > W234 Writing
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Sekar Maharani
Date Deposited: 10 Feb 2025 02:13
Last Modified: 10 Feb 2025 02:13
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/32333

Actions (login required)

View Item View Item