PRABARINI, Jiad Lintang (2025) Pembelajaran Menulis Puisi Menggunakan Metode SSCS dan Media Audio Visual pada Kelas VIII C SMPN 2 Jeruklegi Kabupaten Cilacap. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Jiad Lintang Prabarini-J1D020049-Skripsi-2025.pdf Download (24kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Jiad Lintang Prabarini-J1D020049-Skripsi-2025.pdf Download (351kB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ASTRAK-Jiad Lintang Prabarini-J1D020049-Skripsi-2025.pdf Download (238kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB-I-Jiad Lintang Prabarini-J1D020049-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 10 February 2026. Download (84kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-Jiad Lintang Prabarini-J1D020049-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 10 February 2026. Download (116kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Jiad Lintang Prabarini-J1D020049-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 10 February 2026. Download (112kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Jiad Lintang Prabarini-J1D020049-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB-V-Jiad Lintang Prabarini-J1D020049-Skripsi-2025.pdf Download (226kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Jiad Lintang Prabarini-J1D020049-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (354kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Jiad Lintang Prabarini-J1D020049-Skripsi-2025.pdf Download (153kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran menggunakan metode SSCS (Search, Solve, Create, and Share) yang dipadukan dengan media audio visual dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII C SMPN 2 Jeruklegi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi siswa kelas VIII C dan guru Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode SSCS mampu meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa secara signifikan. Tahap Search membantu siswa menggali ide melalui media audio visual yang menarik. Tahap Solve mendorong diskusi dan penyelesaian kendala dalam menulis puisi, sementara tahap Create memungkinkan siswa menghasilkan karya yang kreatif dan terstruktur. Tahap terakhir, Share, memberikan pengalaman berbagi puisi yang meningkatkan kepercayaan diri siswa. Media audio visual terbukti efektif dalam menarik minat siswa, memperjelas elemen puisi seperti diksi, gaya bahasa, dan struktur, serta mendorong kreativitas siswa. Kesimpulannya, metode SSCS yang dipadukan dengan media audio visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran menulis puisi. Peneliti merekomendasikan penggunaannya secara lebih luas di berbagai jenjang pendidikan dengan dukungan fasilitas memadai dari sekolah. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk mengkaji metode ini pada aspek pembelajaran lainnya.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | J25051 |
| Uncontrolled Keywords: | SSCS, Media Audio Visual, Menulis Puisi |
| Subjects: | J > J92 Junior high schools P > P364 Poetry W > W234 Writing |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs Jiad Lintang Prabarini |
| Date Deposited: | 10 Feb 2025 06:10 |
| Last Modified: | 10 Feb 2025 06:10 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/32375 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
