Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Persepsi Mahasiswa terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring di Fakultas Peternakan Unsoed pada Masa Pandemic COVID-19 Tahun 2020-2021

SANTOSA, Aditya Trisna Agung (2025) Persepsi Mahasiswa terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring di Fakultas Peternakan Unsoed pada Masa Pandemic COVID-19 Tahun 2020-2021. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Aditya Trisna Agung Santosa-F2C021019-Tesis-2025.pdf

Download (172kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Aditya Trisna Agung Santosa-F2C021019-Tesis-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (715kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Aditya Trisna Agung Santosa-F2C021019-Tesis-2025.pdf

Download (188kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Aditya Trisna Agung Santosa-F2C021019-Tesis-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 February 2026.

Download (237kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Aditya Trisna Agung Santosa-F2C021019-Tesis-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 February 2026.

Download (291kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Aditya Trisna Agung Santosa-F2C021019-Tesis-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 February 2026.

Download (208kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Aditya Trisna Agung Santosa-F2C021019-Tesis-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Aditya Trisna Agung Santosa-F2C021019-Tesis-2025.pdf

Download (148kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Aditya Trisna Agung Santosa-F2C021019-Tesis-2025.pdf

Download (233kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Aditya Trisna Agung Santosa-F2C021019-Tesis-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang wajib diberikan kepada setiap manusia. Pendidikan ini sendiri merupakan suatu proses pembelajaran hal baru untuk dapat mengembangkan diri agar dapat meningkatkan taraf hidup maupun untuk kehidupan bermasyarakat. Namun pada awal tahun 2020, muncul suatu penyakit, yaitu COVID-19, yang menyebabkan lembaga pendidikan di semua jenjang mulai dari SD hingga perguruan tinggi beralih ke pembelajaran daring. Dalam hal ini urgensi penelitiannya adalah pembelajaran di Fakultas Peternakan mengalami hambatan, dikarenakan semua yang diajarkan hanya bersifat teori, sedangkan secara praktik tidak bisa dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap efektivitas pembelajaran daring di Fakultas Peternakan Unsoed pada masa pandemic COVID-19. Penelitian ini memakai penelitian jenis kualitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer (data dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi, kuisioner, dll.) dan data sekunder (studi literatur, arsip dokumen, sumber buku, jurnal, dokumen-dokumen lainnya). Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivisme. Hasil dari penelitian ini adalah di Fapet Unsoed, secara indikator efektivitas pembelajaran oleh John Carroll semua sudah terpenuhi, namun ada berbagai faktor eksternal yang mempengaruhi persepsi mahasiswa Fapet Unsoed, sehingga semuanya tetap bergantung kepada setiap masing-masing potensi dan individu dari mahasiswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah efektivitas pembelajaran daring di Fapet Unsoed bisa dikategorikan belum efektif sepenuhnya walaupun indikator-indikator efektivitas pembelajaran terpenuhi karena ada faktor eksternal, lalu semua orang yang terlibat harus beradaptasi dengan pembelajaran daring. Dan yang terakhir adalah pembelajaran secara teoritis masih bisa dilakukan secara daring, namun praktikum di lapangan tetap harus ada untuk membuat mahasiswa terus berkembang.

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P225052
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Efektivitas Pembelajaran, Pembelajaran Daring, Fakultas Peternakan
Subjects: C > C716 Concept learning
D > D174 Digital electronics
Divisions: Program Pascasarjana & Profesi > S2 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr. Aditya Trisna Agung Santosa
Date Deposited: 10 Feb 2025 08:18
Last Modified: 10 Feb 2025 08:18
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/32393

Actions (login required)

View Item View Item