Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Efektivitas Penggunaan Sistem Pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dan Kepuasan Pelanggan pada UMKM di Kota Lama Banyumas

FRIDAYANI, Dewi Sukma (2025) Efektivitas Penggunaan Sistem Pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dan Kepuasan Pelanggan pada UMKM di Kota Lama Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER- Dewi Sukma Fridayani- C1C018005- Skripsi- 2025.pdf

Download (275kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS- Dewi Sukma Fridayani- C1C018005- Skripsi- 2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK- Dewi Sukma Fridayani- C1C018005- Skripsi- 2025.pdf

Download (449kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Dewi Sukma Fridayani-C1C018005-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (732kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Dewi Sukma Fridayani- C1C018005- Skripsi- 2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III- Dewi Sukma Fridayani- C1C018005- Skripsi- 2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV- Dewi Sukma Fridayani- C1C018005- Skripsi- 2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V- Dewi Sukma Fridayani- C1C018005- Skripsi- 2025.pdf

Download (490kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA- Dewi Sukma Fridayani- C1C018005- Skripsi- 2025.pdf

Download (462kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN- Dewi Sukma Fridayani- C1C018005- Skripsi- 2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) mengembangkan sistem Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) demi mewujudkan sistem pembayaran yang mudah, cepat dan terjaga keamanannya. QRIS semakin populer digunakan sejalan dengan adanya trend pembayaran non-tunai digital yang tidak hanya terbatas pada daerah perkotaan saja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas dari penggunaan sistem pembayaran Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) pada pelaku usaha UMKM serta dampaknya terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Penelitian ini dilakukan di wilayah Kota Lama Banyumas khususnya pada daerah yang terdampak oleh program revitalisasi kota. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan melakukan observasi, wawancara serta dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau kesimpulan yang selanjutnya menguji keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan QRIS pada pelaku UMKM dapat dikatakan efektif melihat dari 6 indikator yang digunakan yaitu Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Pelayanan, Pengguna, Kepuasan Pelanggan dan Keuntungan Bersih. Penggunaan QRIS dinilai memudahkan dan meningkatkan kepuasan pelanggan walaupun tidak terlalu berdampak pada peningkatan penjualan. Kepuasan pelanggan dapat dikatakan baik melihat dari faktor Kemudahan Penggunaan, Tingkat Keamanan, Kualitas Pelayanan dan Kecepatan Bertransaksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C25178
Uncontrolled Keywords: QRIS, Efektivitas, Sistem pembayaran digital, UMKM, Kepuasan pelanggan.
Subjects: J > J56 Job satisfaction
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: Mrs Dewi Sukma Fridayani
Date Deposited: 18 Feb 2025 03:32
Last Modified: 18 Feb 2025 03:32
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/32672

Actions (login required)

View Item View Item