FRIDAYANI, Dewi Sukma (2025) Efektivitas Penggunaan Sistem Pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dan Kepuasan Pelanggan pada UMKM di Kota Lama Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
![]() |
PDF (Cover)
COVER- Dewi Sukma Fridayani- C1C018005- Skripsi- 2025.pdf Download (275kB) |
![]() |
PDF (Legalitas)
LEGALITAS- Dewi Sukma Fridayani- C1C018005- Skripsi- 2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Abstrak)
ABSTRAK- Dewi Sukma Fridayani- C1C018005- Skripsi- 2025.pdf Download (449kB) |
![]() |
PDF (BabI)
BAB I-Dewi Sukma Fridayani-C1C018005-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (732kB) |
![]() |
PDF (BabII)
BAB II-Dewi Sukma Fridayani- C1C018005- Skripsi- 2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (BabIII)
BAB III- Dewi Sukma Fridayani- C1C018005- Skripsi- 2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (594kB) |
![]() |
PDF (BabIV)
BAB IV- Dewi Sukma Fridayani- C1C018005- Skripsi- 2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (BabV)
BAB V- Dewi Sukma Fridayani- C1C018005- Skripsi- 2025.pdf Download (490kB) |
![]() |
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA- Dewi Sukma Fridayani- C1C018005- Skripsi- 2025.pdf Download (462kB) |
![]() |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN- Dewi Sukma Fridayani- C1C018005- Skripsi- 2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) mengembangkan sistem Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) demi mewujudkan sistem pembayaran yang mudah, cepat dan terjaga keamanannya. QRIS semakin populer digunakan sejalan dengan adanya trend pembayaran non-tunai digital yang tidak hanya terbatas pada daerah perkotaan saja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas dari penggunaan sistem pembayaran Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) pada pelaku usaha UMKM serta dampaknya terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Penelitian ini dilakukan di wilayah Kota Lama Banyumas khususnya pada daerah yang terdampak oleh program revitalisasi kota. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan melakukan observasi, wawancara serta dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau kesimpulan yang selanjutnya menguji keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan QRIS pada pelaku UMKM dapat dikatakan efektif melihat dari 6 indikator yang digunakan yaitu Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Pelayanan, Pengguna, Kepuasan Pelanggan dan Keuntungan Bersih. Penggunaan QRIS dinilai memudahkan dan meningkatkan kepuasan pelanggan walaupun tidak terlalu berdampak pada peningkatan penjualan. Kepuasan pelanggan dapat dikatakan baik melihat dari faktor Kemudahan Penggunaan, Tingkat Keamanan, Kualitas Pelayanan dan Kecepatan Bertransaksi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C25178 |
Uncontrolled Keywords: | QRIS, Efektivitas, Sistem pembayaran digital, UMKM, Kepuasan pelanggan. |
Subjects: | J > J56 Job satisfaction |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Dewi Sukma Fridayani |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 03:32 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 03:32 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/32672 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |