UMIRAH, Umirah (2025) Analisis Struktur dan Kognisi Sosial dalam Iklan Produk Kecantikan Ms Glow di YouTube. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER_UMIRAH_J1B019004_SKRIPSI_2025.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS_UMIRAH_J1B019004_SKRIPSI_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK_UMIRAH_J1B019004_SKRIPSI_2025.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB I_UMIRAH_J1B019004_SKRIPSI_2025.pdf Restricted to Repository staff only until 24 April 2026. Download (1MB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB II_UMIRAH_J1B019004_SKRIPSI_2025.pdf Restricted to Repository staff only until 24 April 2026. Download (1MB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB III_UMIRAH_J1B019004_SKRIPSI_2025.pdf Restricted to Repository staff only until 24 April 2026. Download (1MB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB IV_UMIRAH_J1B019004_SKRIPSI_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB V_UMIRAH_J1B019004_SKRIPSI_2025.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA_UMIRAH_J1B019004_SKRIPSI_2025.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_UMIRAH_J1B019004_SKRIPSI_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Judul penelitian ini “Analisis Struktur dan Kognisi Sosial dalam Iklan Produk Kecantikan Ms Glow di YouTube” dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data diambil dari saluran YouTube MS Glow Beauty. Metode pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, simak bebas, libat cakap, dan teknik pencatatan sebagai teknik lanjutan. Analisis data menggunakan teori wacana kritis yang dikembangkan oleh Teun A. van Dijk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam analisis struktur iklan MS Glow terdapat beberapa elemen penting, seperti tema, skema, latar, detail, nominalisasi, pranggapan, dan maksud. Selain itu, penggunaan kata ganti, bentuk kalimat, dan koherensi bahasa juga menjadi fokus analisis. Terdapat leksikon grafis, metafora, dan ekspresi, iklan Ms Glow berhasil menciptakan pesan yang menarik dan mudah dipahami oleh audiens. Dalam konteks kognisi sosial, penelitian ini menemukan bahwa pengetahuan dan kepercayaan faktual yang disampaikan dalam iklan dipengaruhi oleh kepercayaan kelompok atau budaya. Opini dan sikap yang muncul mengacu pada kepercayaan evaluatif penulis terhadap produk, yang dapat memengaruhi persepsi konsumen.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | J25085 |
| Uncontrolled Keywords: | analisis wacana kritis, kognisi sosial, struktur iklan, tematik, skematik, semantik, sintaksis, stilistik, retoris, Teun A. van Djik , Ms Glow, YouTube, produk kecantikan. |
| Subjects: | A > A74 Advertising |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs. Umirah |
| Date Deposited: | 24 Apr 2025 08:29 |
| Last Modified: | 24 Apr 2025 08:29 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/33236 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
