Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Struktur dan Kognisi Sosial dalam Iklan Produk Kecantikan Ms Glow di YouTube

UMIRAH, Umirah (2025) Analisis Struktur dan Kognisi Sosial dalam Iklan Produk Kecantikan Ms Glow di YouTube. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER_UMIRAH_J1B019004_SKRIPSI_2025.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS_UMIRAH_J1B019004_SKRIPSI_2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK_UMIRAH_J1B019004_SKRIPSI_2025.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
BAB I_UMIRAH_J1B019004_SKRIPSI_2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 April 2026.

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
BAB II_UMIRAH_J1B019004_SKRIPSI_2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 April 2026.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III_UMIRAH_J1B019004_SKRIPSI_2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 April 2026.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV_UMIRAH_J1B019004_SKRIPSI_2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V_UMIRAH_J1B019004_SKRIPSI_2025.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA_UMIRAH_J1B019004_SKRIPSI_2025.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_UMIRAH_J1B019004_SKRIPSI_2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Judul penelitian ini “Analisis Struktur dan Kognisi Sosial dalam Iklan Produk Kecantikan Ms Glow di YouTube” dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data diambil dari saluran YouTube MS Glow Beauty. Metode pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, simak bebas, libat cakap, dan teknik pencatatan sebagai teknik lanjutan. Analisis data menggunakan teori wacana kritis yang dikembangkan oleh Teun A. van Dijk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam analisis struktur iklan MS Glow terdapat beberapa elemen penting, seperti tema, skema, latar, detail, nominalisasi, pranggapan, dan maksud. Selain itu, penggunaan kata ganti, bentuk kalimat, dan koherensi bahasa juga menjadi fokus analisis. Terdapat leksikon grafis, metafora, dan ekspresi, iklan Ms Glow berhasil menciptakan pesan yang menarik dan mudah dipahami oleh audiens. Dalam konteks kognisi sosial, penelitian ini menemukan bahwa pengetahuan dan kepercayaan faktual yang disampaikan dalam iklan dipengaruhi oleh kepercayaan kelompok atau budaya. Opini dan sikap yang muncul mengacu pada kepercayaan evaluatif penulis terhadap produk, yang dapat memengaruhi persepsi konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J25085
Uncontrolled Keywords: analisis wacana kritis, kognisi sosial, struktur iklan, tematik, skematik, semantik, sintaksis, stilistik, retoris, Teun A. van Djik , Ms Glow, YouTube, produk kecantikan.
Subjects: A > A74 Advertising
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs. Umirah
Date Deposited: 24 Apr 2025 08:29
Last Modified: 24 Apr 2025 08:29
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/33236

Actions (login required)

View Item View Item