ISLAMIATI, Syifa (2025) Investigating The ICT Tools And Platforms Used By The English Teachers In EFL Classroom At SMP Istiqomah Sambas Purbalingga In The Academic Year Of 2024/2025. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
![]() |
PDF (Cover)
COVER-Syifa Islamiati-J1E018039-Skripsi-2025.pdf Download (64kB) |
![]() |
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Syifa Islamiati-J1E018039-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Syifa Islamiati-J1E018039-Skripsi-2025.pdf Download (261kB) |
![]() |
PDF (BabI)
BAB-I-Syifa Islamiati-J1E018039-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
![]() |
PDF (BabII)
BAB-II-Syifa Islamiati-J1E018039-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) |
![]() |
PDF (BabIII)
BAB-III-Syifa Islamiati-J1E018039-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
![]() |
PDF (BabIV)
BAB-IV-Syifa Islamiati-J1E018039-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) |
![]() |
PDF (BabV)
BAB-V-Syifa Islamiati-J1E018039-Skripsi-2025.pdf Download (40kB) |
![]() |
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Syifa Islamiati-J1E018039-Skripsi-2025.pdf Download (315kB) |
![]() |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Syifa Islamiati-J1E018039-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap dunia pendidikan, khususnya dalam pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL). Dalam konteks pendidikan pasca pandemi, integrasi TIK menjadi komponen penting untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran. Namun, pada lingkungan pendidikan tertentu—seperti sekolah berasrama yang membatasi akses siswa terhadap perangkat digital—penerapan TIK menghadirkan tantangan tersendiri bagi para pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi alat dan platform TIK yang digunakan oleh guru Bahasa Inggris di kelas EFL SMP Istiqomah Sambas Purbalingga pada tahun ajaran 2024/2025; (2) menyelidiki tantangan yang dihadapi oleh guru dalam menggunakan alat dan platform TIK di kelas EFL SMP Istiqomah Sambas Purbalingga pada tahun ajaran 2024/2025; dan (3) mengeksplorasi bagaimana respon guru terhadap tantangan yang dihadapi dalam menggunakan alat dan platform TIK di kelas EFL SMP Istiqomah Sambas Purbalingga pada tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi kelas non-partisipan dan wawancara semi-terstruktur dengan tiga guru Bahasa Inggris. Berdasarkan observasi dan wawancara, temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) alat dan platform TIK yang digunakan oleh guru Bahasa Inggris meliputi laptop, proyektor LCD, speaker, PowerPoint, Wordwall, Liveworksheet, Quizizz, Kahoot, Canva, dan Learn English Kids; (2) tantangan yang dihadapi oleh guru mencakup kurangnya rasa percaya diri dan pengalaman terbatas dalam menggunakan platform tertentu di tingkat guru, sementara tantangan di tingkat sekolah meliputi keterbatasan fasilitas, masalah teknis, gangguan listrik, dan keterbatasan waktu; dan (3) strategi yang diterapkan oleh guru untuk mengatasi tantangan ini melibatkan membawa peralatan pribadi, menggunakan papan tulis sebagai layar proyektor, melakukan aktivitas ice-breaking saat ada kendala teknis, serta mengikuti pelatihan atau belajar mandiri untuk meningkatkan keterampilan TIK mereka. Penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas penggunaan TIK dalam pengajaran Bahasa Inggris bergantung pada ketersediaan infrastruktur yang memadai, kesiapan guru, dan lingkungan belajar yang mendukung. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengembangan strategi integrasi TIK yang lebih efektif dan sesuai dengan konteks
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J25102 |
Uncontrolled Keywords: | ICT, English Teachers, EFL Classroom, ICT Tools, ICT Platforms, ICT Challenges, Teaching Strategy |
Subjects: | S > S774 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mrs Syifa Islamiati |
Date Deposited: | 20 May 2025 06:38 |
Last Modified: | 20 May 2025 06:38 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/33519 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |