RAMADANTI, Sagita (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Self- Directed Learning (SDL) Berbantuan Media Artificial Intelligence (AI) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis (Studi Kasus Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Purwokerto). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
![]() |
PDF (Cover)
COVER-Sagita Ramadanti-C1L021011-Skripsi-2025.pdf Download (144kB) |
![]() |
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Sagita Ramadanti-C1L021011-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Sagita Ramadanti-C1L021011-Skripsi-2025.pdf Download (297kB) |
![]() |
PDF (BabI)
BAB I-Sagita Ramadanti-C1L021011-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 19 May 2026. Download (299kB) |
![]() |
PDF (BabII)
BAB II-Sagita Ramadanti-C1L021011-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 19 May 2026. Download (604kB) |
![]() |
PDF (BabIII)
BAB III-Sagita Ramadanti-C1L021011-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 19 May 2026. Download (462kB) |
![]() |
PDF (BabIV)
BAB IV-Sagita Ramadanti-C1L021011-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (506kB) |
![]() |
PDF (BabV)
BAB V-Sagita Ramadanti-C1L021011-Skripsi-2025.pdf Download (184kB) |
![]() |
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Sagita Ramadanti-C1L021011-Skripsi-2025.pdf Download (288kB) |
![]() |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Sagita Ramadanti-C1L021011-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan pada kelas XI di SMA Negeri 1 Purwokerto, ditemukan bahwa kondisi awal kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi sebagian besar berada pada kategori sangat rendah hingga sedang. Hasil tersebut menunjukkan bahwa indikator situation tercatat sebesar 40% dalam kategori sangat rendah, sedangkan indikator reason sebesar 57,5%, focus sebesar 45%, dan overview sebesar 52,5% termasuk dalam kategori sedang. Di sisi lain, indikator inference sebesar 62,5% dan clarity sebesar 75% berada dalam kategori tinggi. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan yang lebih fokus pada indikator situation, focus, overview, dan reason selama pembelajaran untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experimental. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran Self- Directed Learning (SDL) berbantuan media Artificial Intelligence (AI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Negeri 1 Purwokerto Tahun Pelajaran 2024/2025. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI yang mengambil peminatan mata pelajaran ekonomi tahun pelajaran 2024/2025 di SMA Negeri 1 Purwokerto berjumlah 144 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 68 siswa dari dua kelas yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis instrumen penelitian, analisis uji prasayarat data, independent sample t-test, metode suksesif interval (MSI), dan analisis regresi sederhana. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang menerapkan model pembelajaran Self- Directed Learning (SDL) berbantuan media Artificial Intelligence (AI) dan siswa yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning; (2) Model pembelajaran Self- Directed Learning (SDL) berbantuan media Artificial Intelligence (AI) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C25287 |
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran Self- Directed Learning, Artificial Intelligence, Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | I > I258 Internet in education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Sagita Ramadanti |
Date Deposited: | 19 May 2025 06:27 |
Last Modified: | 19 May 2025 06:27 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/33699 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |