Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Ajakan Boikot Produk Terafiliasi Israel Di Media Sosial Terhadap Perilaku Mahasiswa Dalam Mengonsumsi Produk Restoran Cepat Saji Di Purwokerto

SIMANJUNTAK, Ianny (2025) Pengaruh Ajakan Boikot Produk Terafiliasi Israel Di Media Sosial Terhadap Perilaku Mahasiswa Dalam Mengonsumsi Produk Restoran Cepat Saji Di Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER_ IANNY O. SIMANJUNTAK _F1A021103_SKRIPSI_2025.pdf

Download (105kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS_ IANNY O. SIMANJUNTAK _F1A021103_SKRIPSI_2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK_ IANNY O. SIMANJUNTAK _F1A021103_SKRIPSI_2025.pdf

Download (118kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I_ IANNY O. SIMANJUNTAK _F1A021103_SKRIPSI_2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 May 2026.

Download (209kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II_ IANNY O. SIMANJUNTAK _F1A021103_SKRIPSI_2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 May 2026.

Download (377kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III_ IANNY O. SIMANJUNTAK _F1A021103_SKRIPSI_2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 May 2026.

Download (203kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV_ IANNY O. SIMANJUNTAK _F1A021103_SKRIPSI_2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (753kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V_ IANNY O. SIMANJUNTAK _F1A021103_SKRIPSI_2025.pdf

Download (165kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA_ IANNY O. SIMANJUNTAK _F1A021103_SKRIPSI_2025.pdf

Download (329kB)
[img] PDF (Lampiran)
DAFTAR LAMPIRAN_ IANNY O. SIMANJUNTAK _F1A021103_SKRIPSI_2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Boikot adalah tindakan yang dilakukan oleh individu atau kelompok untuk berhenti menggunakan suatu produk dari perusahaan tertentu sebagai bentuk protes terhadap perusahaan atau merek tersebut. Boikot menjadi tindakan yang mulai dilakukan oleh masyarakat Indonesia semenjak munculnya berita Perang Gaza antara Israel dengan Palestina. Perang Gaza dimulai ketika Kelompok Hamas menyerang Israel pada 7 Oktober 2023, setelah itu Israel pun mulai melancarkan serangan balasan untuk Kelompok Hamas di Jalur Gaza. Semenjak itu, dunia terus menyaksikan krisis kemanusiaan yang terjadi di wilayah perang tersebut dan menimbulkan gerakan sosial untuk memboikot produk-produk yang terafiliasi oleh Israel sebagai bentuk solidaritas global. Di Indonesia, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan Fatwa MUI Nomor 83 Tahun 2023 tentang Hukum Dukungan Terhadap Perjuangan Palestina. Setelah fatwa terbit, fenomena boikot pun mulai meluas di Indonesia, termasuk boikot produk restoran cepat saji yang terafiliasi oleh Israel. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari ajakan boikot produk yang terafiliasi Israel di media sosial terhadap perilaku mahasiswa dalam mengonsumsi produk restoran cepat saji. Mahasiswa merupakan salah satu kelompok masyarakat yang memiliki tingkat konsumsi tinggi terhadap makanan cepat saji. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan di Universitas Jenderal Soedirman, tepatnya pada mahasiswa Program Studi S1 Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif berupa survei dengan membagikan kuesioner melalui Google Formulir kepada mahasiswa Hubungan Internasional Angkatan 2020 2023 FISIP Unsoed. Sampel diambil dengan teknik proportionate stratified random sampling dan ditentukan dengan Rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 5% atau taraaf signifikansi sebesar 0,05. Sampel yang ditemukan sebanyak 155 mahasiswa (61% dari total populasi 253 mahasiswa). Penelitian ini menggunakan analisis data uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari ajakan boikot di media sosial terhadap perilaku mahasiswa dalam mengonsumsi produk restoran cepat saji yang terafiliasi Israel. Nilai signifikansi berada pada angka 0,000 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel (14,010 > 1,976). Adapun hasil penelitian dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 menunjukkan H 1 diterima dan H0 ditolak. Secara statistik, hipotesis terbukti pada taraf signifikansi 0,000 dengan arah pengaruh yang positif. Hal tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi paparan ajakan boikot produk terafiliasi Israel di media sosial, maka semakin tinggi pula nilai perilaku mahasiswa dalam mengonsumsi produk restoran cepat saji yang terafiliasi Israel. Nilai tertinggi pada variabel Y menunjukkan bahwa mahasiswa semakin jarang mengonsumsi produk yang diduga terafiliasi Israel. Hal ini menandakan ajakan boikot di media sosial memberikan pengaruh dalam penurunan perilaku konsumsi mahasiswa pada produk restoran cepat saji yang terafiliasi Israel. Oleh karena itu, implikasi pada penelitian ini adalah ajakan boikot produk terafiliasi Israel di media sosial memberikan pengaruh pada keputusan mahasiswa untuk mengurangi konsumsi dari produk restoran cepat saji yang terafiliasi Israel, bahkan terdapat beberapa mahasiswa yang berhenti mengonsumsi produk tersebut.xi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F25221
Uncontrolled Keywords: Ajakan Boikot, Produk Terafiliasi Israel, Restoran Cepat Saji, Perilaku Konsumsi Mahasiswa
Subjects: B > B318 Boycotts
C > C559 College students
C > C793 Consumers
I > I333 Israel
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi
Depositing User: Mrs. IANNY O. SIMANJUNTAK
Date Deposited: 20 May 2025 08:06
Last Modified: 08 Jul 2025 01:48
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/33807

Actions (login required)

View Item View Item