ALFIAN, Mohamad Faqih (2025) An Analysis Of The Classroom Management In English Learning At 11th Grade Of Senior High School. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
![]() |
PDF (Cover)
COVER-Mohamad Faqih Alfian-J1E018019-2025.pdf Download (48kB) |
![]() |
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Mohamad Faqih Alfian-J1E018019-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Mohamad Faqih Alfian-J1E018019-2025.pdf Download (129kB) |
![]() |
PDF (BabI)
BAB I-Mohamad Faqih Alfian-J1E018019-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 21 May 2026. Download (151kB) |
![]() |
PDF (BabII)
BAB II-Mohamad Faqih Alfan-J1E018019-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 21 May 2026. Download (180kB) |
![]() |
PDF (BabIII)
BAB III-Mohamad Faqih Alfan-J1E018019-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 21 May 2026. Download (206kB) |
![]() |
PDF (BabIV)
BAB IV-Mohamad Faqih Alfan-J1E018019-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (548kB) |
![]() |
PDF (BabV)
BABV-Mohamad Faqih Alfian-J1E018019-2025.pdf Download (155kB) |
![]() |
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Mohamad Faqih Alfan-J1E018019-2025.pdf Download (191kB) |
![]() |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Mohamad Faqih Alfan-J1E018019-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Salah satu tujuan dari setiap satuan pendidikan adalah meningkatkan kualitas lulusan, Untuk meningkatkan kualitas lulusan diperlukan proses pembelajaran yang berkualitas di satuan pendidikan itu sendiri. Guru memegang peran penting dalam menentukan keberhasilan proses pendidikan. Manajemen kelas merupakan faktor kunci dalam memastikan proses belajar mengajar yang efektif. Tujuan dari manajemen kelas adalah menciptakan lingkungan belajar yang produktif dan menyenangkan, baik sebagai tempat maupun sebagai kelompok, sehingga siswa dapat belajar dan mencapai potensi maksimal mereka. Manajemen kelas merupakan tantangan umum yang dihadapi oleh guru pemula maupun guru berpengalaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan manajemen kelas dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas XI SMA Negeri 1 Pangkah serta tantangan yang dihadapi guru dalam menerapkan manajemen kelas tersebut. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi non-partisipan di kelas, wawancara semi-terstruktur dengan dua guru Bahasa Inggris, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan manajemen kelas dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas XI SMA Negeri 1 Pangkah terbagi menjadi lima komponen, yaitu: tata letak fisik kelas seperti pengaturan tempat duduk, posisi meja guru, posisi papan tulis; aturan dan rutinitas, yang mencakup aturan dan rutinitas guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar; hubungan, baik antar siswa maupun antara guru dan siswa; instruksi yang menarik dan memotivasi, yang meliputi perencanaan materi yang dibutuhkan serta memberikan instruksi yang jelas dalam kegiatan belajar mengajar; dan disiplin, yang tidak hanya berfokus pada hukuman tetapi juga pada pencegahan perilaku menyimpang. 2) Ditemukan bahwa masalah yang dihadapi guru dalam menerapkan manajemen kelas antara lain ukuran kelas yang besar dan pengaturan tempat duduk yang tetap, tindakan kenakalan siswa yang eksplisit, kurangnya motivasi belajar siswa, serta kesenjangan pembelajaran di antara siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J25123 |
Uncontrolled Keywords: | Classroom Management, EFL Classroom, Teaching Learning Process |
Subjects: | E > E312 English language Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr. Mohamad Faqih Alfian |
Date Deposited: | 22 May 2025 07:15 |
Last Modified: | 22 May 2025 07:15 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/33843 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |