Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Kecerdasan Emosional, Status Sosial Ekonomi, dan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) terhadap Kesiapan menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi

DIANI, Ain Nur (2025) Pengaruh Kecerdasan Emosional, Status Sosial Ekonomi, dan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) terhadap Kesiapan menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Ain Nur Diani-C1L021005-Skripsi-2025.pdf

Download (239kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Ain Nur Diani-C1L021005-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Ain Nur Diani-C1L021005-Skripsi-2025.pdf

Download (354kB)
[img] PDF (BabI)
BABI-Ain Nur Diani-C1L021005-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 May 2026.

Download (357kB)
[img] PDF (BabII)
BABII-Ain Nur Diani-C1L021005-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 May 2026.

Download (604kB)
[img] PDF (BabIII)
BABIII-Ain Nur Diani-C1L021005-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 May 2026.

Download (523kB)
[img] PDF (BabIV)
BABIV-Ain Nur Diani-C1L021005-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (643kB)
[img] PDF (BabV)
BABV-Ain Nur Diani-C1L021005-Skripsi-2025.pdf

Download (248kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTARPUSTAKA-Ain Nur Diani-C1L021005-Skripsi-2025.pdf

Download (349kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Ain Nur Diani-C1L021005-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan kepada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional, status sosial ekonomi, dan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan ekonomi angkaan 2021 dan 2022 yang sudah lulus mata kuliah microteaching sebanyak 94 mahasiswa. Jumlah sampel yang diambil yaitu seluruh populasi yaitu 94 mahasiswa dengan pengambilan sampel total sampling. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner tertutup, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap kesiapan menjadi guru. Kedua, status sosial ekonomi berpengaruh positif terhadap kesiapan menjadi guru, Ketiga, Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) berpengaruh positif terhadap kesiapan menjadi guru. Implikasi dari penelitian ini yaitu: Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman dapat menyisipkan materi pengembangan kecerdasan emosional dalam mata kuliah, mengembangkan program pendampingan dan pemberdayaan mahasiswa yang kurang mampu, memperkuat integrasi teknologi kurikulum dan praktik pembelajaran, selain itu orang tua diharapkan selalu memberikan dukungan moral dan perhatian terhadap perkembangan akademik anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C25241
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Status Sosial Ekonomi, Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK), Kesiapan menjadi Guru
Subjects: T > T41 Teachers
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs. Ain Nur Diani
Date Deposited: 22 May 2025 07:45
Last Modified: 22 May 2025 07:45
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34028

Actions (login required)

View Item View Item