Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Persuasif Wacana Iklan pada Media Sosial dan Relevansinya sebagai Stimulus Pembelajaran Teks Iklan Kelas VIII SMP

AMALIA, Linda (2025) Analisis Persuasif Wacana Iklan pada Media Sosial dan Relevansinya sebagai Stimulus Pembelajaran Teks Iklan Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Linda Amalia-J1D021018-Skripsi 2025.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Linda Amalia-J1D021018-Skripsi 2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Linda Amalia-J1D021018-Skripsi 2025.pdf

Download (211kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Linda Amalia-J1D021018-Skripsi 2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 May 2026.

Download (267kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Linda Amalia-J1D021018-Skripsi 2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 May 2026.

Download (736kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Linda Amalia-J1D021018-Skripsi 2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 May 2026.

Download (378kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Linda Amalia-J1D021018-Skripsi 2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Linda Amalia-J1D021018-Skripsi 2025.pdf

Download (163kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Linda Amalia-J1D021018-Skripsi 2025.pdf

Download (291kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Linda Amalia-J1D021018-Skripsi 2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan teknik persuasif dalam wacana iklan di media sosial serta mengeksplorasi relevansinya sebagai stimulus pembelajaran teks iklan kelas VIII SMP. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemanfaatan media sosial yang dekat dengan keseharian peserta didik, namun belum dioptimalkan sebagai bahan ajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis konten tehadap iklan media sosial Instagram, YouTube, dan TikTok dengan pendekatan pragmatik. Objek penelitian mencakup tiga akun influencer, dengan total dua puluh video, yaitu akun Raffi dan Nagita melalui akun Instagram @raffiangita1717, Ricis melalui kanal YouTube Ricis Official, dan Vilmei melalui akun TikTok @vilmeijuga. Pemilihan influencer didasarkan pada angket yang dibagikan kepada peserta didik kelas VIII sebelum penelitian dilakukan. Data diperoleh melalui teknik simak bebas libat cakap (SBLC), dilanjutkan dengan transkripsi wacana iklan dari media sosial, dokumentasi, penyebaran angket kepada peserta didik, dan wawancara dengan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan pada media sosial menggunakan teknik persuasif, dengan teknik rasionalisasi dan teknik sugesti sebagai teknik yang paling dominan. Selain itu, wacana iklan media sosial dari ketiga influencer tersebut relevan dijadikan stimulus pembelajaran karena memiliki struktur dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan materi teks iklan di SMP. Temuan ini diharapkan dapat mendorong pendidik untuk lebih kreatif dalam memanfaatkan media sosial sebagai sumber belajar, serta meningkatkan minat serta pemahaman peserta didik terhadap teks iklan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J25116
Uncontrolled Keywords: wacana iklan, teknik persuasif, media sosial, stimulus pembelajaran, teks iklan
Subjects: A > A74 Advertising
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Linda Amalia
Date Deposited: 22 May 2025 07:48
Last Modified: 22 May 2025 07:48
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34031

Actions (login required)

View Item View Item