Pengaruh Media Audio Visual dan Pemberian Reward Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas XI IPS MAN 2 Banyumas Tahun Pelajaran 2018/2019

TRIASIH, Agin Norma (2019) Pengaruh Media Audio Visual dan Pemberian Reward Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas XI IPS MAN 2 Banyumas Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
COVER-Agin Norma Triasih-C1L015017-Skripsi-2019.pdf

Download (41kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Agin Norma Triasih-C1L015017-Skripsi-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Agin Norma Triasih-C1L015017-Skripsi-2019.pdf

Download (87kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
BAB-1-Agin Norma Triasih-C1L015017-Skripsi-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Agin Norma Triasih-Skripsi-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Agin Norma Triasih-C1L015017-Skripsi-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Agin Norma Triasih-C1L015017-Skripsi-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Agin Norma Triasih-C1L015017-Skripsi-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Daftarpustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Agin Norma Triasih-C1L015017-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Agin Norma Triasih-C1L015017-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yang dilakukan kepada siswa kelas XI IPS MAN 2 Banyumas yang berlokasi di Jalan Jenderal Soedirman Nomor 791 Purwokerto Wetan, Banyumas 53111. Penelitian ini mengambil judul “Pengaruh Media Audio Visual dan Pemberian Reward Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas XI IPS MAN 2 Banyumas Tahun Pelajaran 2018/2019”. Judul tersebut diambil karena proses pembelajaran di MAN 2 Banyumas khususnya kelas XI IPS belum menerapkan media pembelajaran berupa media audio visual dan belum adanya pemberian reward yang diberikan guru kepada siswa saat proses pembelajaran berlangsung, sehingga peneliti melakukan eksperimen berupa media audio visual dan pemberian reward terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS. Berdasarkan metode penelitian eksperimen maka dalam penelitian ini membutuhkan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana kelas eksperimen akan diberikan perlakuan berupa media audio visual dan pemberian reward, sedangkan kelas kontrol tidak akan diberi perlakuan apapun atau proses pembelajaran masih konvensional. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi kelas eksperimen dengan hasil belajar ekonomi kelas kontrol, yaitu berupa (1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi antara pembelajaran menggunakan media audio visual dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, (2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi antara pembelajaran dengan pemberian reward dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS dengan pengambilain sampel yaitu menggunakan teknik cluster random sampling. Analisis data yang digunakan yaitu uji beda t-tes independent sample test dengan ketentuan jika thitung > ttabel maka Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh perhitungan yaitu thitung sebesar 7,022 dan ttabel sebesar 1,665, berdasarkan perhitungan tersebut maka thitung > ttabel karena 7,0222 > 1,665 sehingga Ho ditolak berarti hasil dalam penelitian ini yaitu : (1) terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi antara pembelajaran menggunakan media audio visual dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, (2) terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi antara pembelajaran dengan pemberian reward dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Implikasi dari kesimpulan di atas dalam rangka meningkatkan hasil belajar ekonomi kelas XI IPS, sebaiknya guru memperhatikan media pembelajaran yang digunakan dan menerapkan pemberian reward terhadap siswa saat proses pembelajaran berlangsung yaitu dapat dengan upaya penggunaan media audio visual dan pemberian reward. Hal tersebut karena berdasarkan penelitian yang telah dilakukan media audio visual dan pemberian reward berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi kelas XI IPS MAN 2 Banyumas. Berdasarkan penelitian tersebut, peneliti memiliki saran untuk peneliti selanjutnya yaitu dalam penggunaan media audio visual yang akan digunakan saat proses pembelajaran sebaiknya disesuaikan dengan materi yang akan dijelaskan dan pemberian reward yang akan diberikan kepada siswa sebaiknya yang dapat meningkatkan partisipasi siswa dan tidak menimbulkan kecemburuan antar siswa saat proses pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C19172
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual, Reward, Hasil Belajar
Subjects: C > C716 Concept learning
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Mr Supriyana Supriyana
Date Deposited: 10 Jan 2020 07:40
Last Modified: 10 Jan 2020 07:40
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/3404

Actions (login required)

View Item View Item