FITRIANTI, Dilla (2025) Representasi Kehidupan Ideal Anak-Anak Versi Brand Ambassador Iklan Ultra Mimi Kids. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
![]() |
PDF (Cover)
COVER-Dilla Fitrianti-F1C021007-Skripsi-2025.pdf.pdf Download (334kB) |
![]() |
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Dilla Fitrianti-F1C021007-Skripsi-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (814kB) |
![]() |
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Dilla Fitrianti-F1C021007-Skripsi-2025.pdf.pdf Download (407kB) |
![]() |
PDF (BabI)
BAB-I-Dilla Fitrianti-F1C021007-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 23 May 2026. Download (442kB) |
![]() |
PDF (BabII)
BAB-II-Dilla Fitrianti-F1C021007-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 23 May 2026. Download (996kB) |
![]() |
PDF (BabIII)
BAB-III-Dilla Fitrianti-F1C021007-Skripsi-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only until 23 May 2026. Download (450kB) |
![]() |
PDF (BabIV)
BAB-IV-Dilla Fitrianti-F1C021007-Skripsi-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (BabV)
BAB-V-Dilla Fitrianti-F1C021007-Skripsi-2025.pdf.pdf Download (309kB) |
![]() |
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Dilla Fitrianti-F1C021007-Skripsi-2025.pdf.pdf Download (475kB) |
![]() |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Dilla Fitrianti-F1C021007-Skripsi-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (544kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas bagaimana iklan susu Ultra Mimi Kids di Instagram menggambarkan kehidupan ideal anak-anak. Iklan ini menampilkan Abe Abraham sebagai brand ambassador. Subjek ini dipilih karena PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading Company, Tbk adalah perusahaan besar yang punya pengaruh luas. Selain itu, Instagram merupakan media sosial yang sangat populer di Indonesia, dengan lebih dari 90 juta pengguna aktif pada September 2024. Pemilihan iklan juga didasarkan pada kecenderungan penggunaan anak-anak sebagai elemen visual. Anak-anak sering digunakan karena dapat menarik perhatian dan membangkitkan emosi audiens. Penelitian ini menggunakan teori semiotika dari Charles Sanders Peirce dan teori representasi dari Stuart Hall untuk memahami bagaimana iklan membentuk gambaran tentang kehidupan ideal anak-anak. Makna dalam iklan ini dikaitkan dengan kebutuhan dasar manusia menurut Maslow. Terutama tentang pentingnya pemenuhan kebutuhan dasar agar anak bisa mencapai aktualisasi diri. Peneliti menganalisis lima iklan dan tiga video dari akun Instagram @ultramimiid. Hasilnya menunjukkan bahwa iklan menyampaikan makna kehidupan ideal anak lewat tiga konsep utama yakni individu yang mencapai aktualisasi diri, representasi anak serba unggul, dan representasi anak sebagai pusat perhatian keluarga. Selain itu, representasi pada iklan tidak lepas dari kepentingan pemilik modal dalam membentuk persepsi terhadap produk.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F25237 |
Uncontrolled Keywords: | Semiotika, Representasi, Kehidupan Ideal Anak, Iklan Ultra Mimi Kids |
Subjects: | A > A74 Advertising C > C263 Children Conduct of life S > S210 Semiotics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mrs Dilla Fitrianti |
Date Deposited: | 23 May 2025 01:06 |
Last Modified: | 23 May 2025 01:06 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34041 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |