FAJAR, Tegar Afrian (2025) An Analysis of Speech Acts Used by English Teacher and Students in Teaching Activities at SMAN 1 Bumiayu. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
![]() |
PDF (Cover)
COVER-Tegar Afrian Fajar-J1E019026-Skripsi-2025.pdf Download (46kB) |
![]() |
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Tegar Afrian Fajar-J1E019026-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (677kB) |
![]() |
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Tegar Afrian Fajar-J1E019026-Skripsi-2025.pdf Download (151kB) |
![]() |
PDF (BabI)
BAB I-Tegar Afrian Fajar-J1E019026-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 23 May 2026. Download (248kB) |
![]() |
PDF (BabII)
BAB II-Tegar Afrian Fajar-J1E019026-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 23 May 2026. Download (370kB) |
![]() |
PDF (BabIII)
BAB III-Tegar Afrian Fajar-J1E019026-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 23 May 2026. Download (328kB) |
![]() |
PDF (BabIV)
BAB IV-Tegar Afrian Fajar-J1E019026-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (722kB) |
![]() |
PDF (BabV)
BAB V-Tegar Afrian Fajar-J1E019026-Skripsi-2025.pdf Download (151kB) |
![]() |
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Tegar Afrian Fajar-J1E019026-Skripsi-2025.pdf Download (304kB) |
![]() |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Tegar Afrian Fajar-J1E019026-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (905kB) |
Abstract
Fokus dari penelitian ini adalah pengguanaan tindak tutur di dalam kegiatan pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis-jenis tindak tutur yang digunakan oleh guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris di SMAN 1 Bumiayu, serta bagaimana tindak tutur tersebut diterapkan dan alasan di balik penggunaan jenis tindak tutur tertentu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Berikut adalah temuan dari penelitian ini, yang pertama terdapat empat jenis tindak tutur yang digunakan: representatif (61%), direktif (35%), komisif (3%), dan ekspresif (1%). Dalam Yang kedua, guru menggunakan tindak tutur secara sederhana dan langsung untuk memastikan pemahaman siswa serta meminimalkan miskomunikasi, terutama mengingat kemampuan Bahasa Inggris siswa yang beragam. Selain itu, guru juga sering menunjuk siswa tertentu untuk memulai diskusi kelas guna mendorong partisipasi yang lebih luas. Terakhir, penggunaan tindak tutur tertentu dilakukan secara strategis untuk meningkatkan pemahaman siswa, mendorong keterlibatan aktif, dan menciptakan lingkungan belajar yang interaktif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J25137 |
Uncontrolled Keywords: | Interaksi Kelas, Tindak Tutur, Kegiatan Pengajaran, Kualitatif Deskriptif |
Subjects: | E > E312 English language Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Tegar Afrian Fajar |
Date Deposited: | 23 May 2025 02:24 |
Last Modified: | 23 May 2025 02:24 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34093 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |